Perhatikan Ini Biar Gak Salah Pilih Oli Motor

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 27 Maret 2023, 16:47 WIB
Kendaraan roda dua bertransmisi manual dan otomatis memiliki sistem yang berbeda

Kendaraan roda dua bertransmisi manual dan otomatis memiliki sistem yang berbeda

LABVIRAL.COM, Oli mesin adalah salah satu komponen penting dalam sistem kendaraan roda dua. Para pengguna sepeda motor harus memperhatikan betul penggunaan pelumas pada motor automatic (matic) atau manual.

Division Head B2C PT Pana Oil Indonesia, Reza Ben Ungerer menjelaskan, kendaraan roda dua bertransmisi manual dan otomatis memiliki sistem yang berbeda, di mana pada motor manual memakai kopling basah yang terendam oleh oli. Sedangkan motor matic memakai kopling kering, sehingga memerlukan oli yang berbeda.

"Sebaiknya motor bertransmisi manual tidak menggunakan oli mesin yang memang dirancang khusus untuk motor transmisi otomatis," kata Reza Ben Ungerer.

Baca Juga: Pakai Oli Motor untuk Mobil, Apa Jadinya Ya?

"Oli motor yang dipakai untuk mesin otomatis memang dirancang khusus untuk motor kopling kering, jika digunakan di motor kopling basah (manual) akan mengalami selip,” sebut Reza.

Ia menjelaskan, oli motor manual bersifat lebih kental daripada pelumas untuk motor matic. Hal itu disebabkan sepeda motor bertransmisi manual akan bekerja lebih keras untuk memastikan proses perpindahan gigi bisa dilakukan sesuai kondisi jalan. Sedangkan oli motor matik akan lebih encer, karena fungsinya hanya memberikan perlindungan terhadap mesin.

Baca Juga: Ganti Oli Motor, Baiknya Kapan?

Untuk memudahkan saat memilih oli, konsumen bisa melihat kode JASO (Japanese Automotive Standards Association) pada kemasan pelumas. Oli untuk sepeda motor bertransmisi manual akan tertulis JASO MA yang berarti oli tersebut mengandung zat aditif yang berfungsi memastikan kinerja kopling menjadi presisi.

Baca Juga: 4 Tips Paling Tepat Memilih Oli Motor

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

4 Tips Paling Tepat Memilih Oli Motor

Sabtu 25 Maret 2023, 17:02 WIB
4 Tips Paling Tepat Memilih Oli Motor
Tech

Ganti Oli Motor, Baiknya Kapan?

Sabtu 25 Maret 2023, 11:29 WIB
Ganti Oli Motor, Baiknya Kapan?
Berita Terkini