Ini Lho Arti Angka dan Huruf di Tuas Persneling Mobil Matic

Yusuf Tirtayasa
Senin 27 Maret 2023, 18:05 WIB
Ilustrasi mobil matic ayla (FOTO: Instagram/daihatsuind)

Ilustrasi mobil matic ayla (FOTO: Instagram/daihatsuind)

LabViral.com - Salah satu yang membedakan antara mobil bertransmisi manual dengan mobil matic berada di tuas persnelingnya.Jika di mobil manual hanya terdiri dari angka 1,2,3,4,5, dan hurur R, di mobil matic didominasi oleh huruf yaitu P-R-N-D-2-L

Seperti halnya bagian mobil yang memuat informasi penting, masing-masing huruf dan angka tersebut punya fungsi masing-masing. Apa saja arti dari huruf dan angka yang berada di tuas persneling mobil matic? berikut penjelasannya.

Huruf "P" yang berada di tuas persneling berarti Parking atau digunakan saat posisi mobil parkir. Sementara "R" berarti "Reverse" yang berguna. jika ingin memundurkan mobil. Selanjutnya "N" yang berarti "Netral". Kamu bisa memindahkan tuas porsneling ke posisi "N" jika mobil dalam keadaan berhenti untuk waktu yang tidak terlalu lama. Sedangkan "D" memiliki arti "Drive" yang berarti mobil siap digunakan digas.

Baca Juga: Tak Perlu Ragu Beli Mobil, Ada Hyundai Assurance Program

Lalu yang terakhir huruf "L" yang artinya merupakan "Low". Kamu bisa memindahkan transmisi ke posisi ini jika sedang melahap tanjakan yang cukup curam. Sementara angka-angka yang terdapat pada tuas transmisi, seperti "1" dan "2" berfungsi seperti "D". Namun biasanya posisi "1" dan "2" hanya digunakan saat mobil harus melewati tanjakan atau turunan. Posisi "1" dan "2" mirip posisi "L".

Ada juga fitur "Shift Lock" yang berfungsi melepas pengunci tuas transmisi sehingga dapat dipindah ke posisi N saat mesin mati. Shift Lock sangat bermanfaat saat parkir pararel, sehingga mobil bisa didorong-dorong untuk menggesernya.  

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Bekas Honda BR-V Terbaru September 2023 yang Tetap Tinggi Peminat

Saat memindahkan tuas transmisi dari posisi "P" ke "D" untuk memulai perjalanan, sangat disarankan menginjak pedal rem. Setelah tuas berada di posisi "D", lepaskan rem secara perlahan. Jangan langsung memindahkan tuas transmisi dari P ke D tanpa menginjak pedal rem. Jika sering melakukan hal ini, akan berdampak buruk pada transmisi mobil maticmu.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini