Perbedaan Transmisi Otomatis CVT dan AT, Mana yang Lebih Unggul?

Yusuf Tirtayasa
Senin 27 Maret 2023, 23:46 WIB
Pada transmisi otomatis, saat ini sudah banyak ragamnya, seperti CVT, AT, DCT AMT, dan sebagainya. (Sumber : Pexels.com/Mike)

Pada transmisi otomatis, saat ini sudah banyak ragamnya, seperti CVT, AT, DCT AMT, dan sebagainya. (Sumber : Pexels.com/Mike)

LabViral.com - Mobil transmisi otomatis kini kerap menjadi incaran masyarakat. Umumnya, mobil ini diketahui hanya satu jenis, namun ternyata ada banyak lho. Pada transmisi otomatis, saat ini sudah banyak ragamnya, seperti CVT, AT, DCT AMT, dan sebagainya. Namun yang paling banyak ada transmisi CVT dan AT.

Meskipun sama-sama otomatis, kedua transmisi ini ternyata berbeda dan memiliki keunggulan masing-masing. Lalu mana yang lebih unggul? Berikut penjelasannya.

1. Transmisi AT

Jenis transmisi otomatis yang pertama adalah transmisi AT. Transmisi ini juga cikal bakal transmisi otomatis mobil. Meskipun tergolong otomatis, transmisi juga masuk ke transmisi konvensional karena beberapa bagiannya masih mirip dengan transmisi konvensional.

Transmisi AT memiliki 3 komponen yang lebih kompleks dibanding transmisi CVT, yaitu torque converters, planetary gear set, dan hydraulic control unit. Yang membuat transmisi AT mirip seperti transmisi konvensional adalah adanya torque converters yang berfungsi seperti halnya kopling.

Perpindahan kopling pada transmisi masih diatur secara semi manual, tidak seperti transmisi CVT yang langsung menyesuaikan dengan putaran mesin.

2. Transmisi CVT

Transmisi CVT adalah singkatan dari Continuously Variable Transmission. Transmisi ini juga dikenal sebagai transmisi tanpa-pindah, transmisi tanpa-step, transmisi katrol Transmisi ini banyak ditawarkan oleh pabrikan mobil karena terkenal memiliki kehalusan ketika berpindah gigi.

Baca Juga: Transmisi Mobil Matic, Ketahui Cara Cek Kesehatannya

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini