Motor Inreyen Gak Boleh Balap Dulu, Mitos atau Fakta?

Andi Syafriadi
Selasa 28 Maret 2023, 01:31 WIB
Ilustrasi  (Sumber : yamaha-motor.com.vn)

Ilustrasi (Sumber : yamaha-motor.com.vn)

LABVIRAL.COM- Melakukan masa inreyen pada sepeda motor adalah salah salah hal yang penting dilakukan. Meski hal ini bisa dikatakan gampang-gampang susah, namun masa inreyen motor penting untuk menjaga komponen mesin motor agar tidak mudah mengalami kerusakan.

Banyak sekali mitos-mitos yang beredar di masyarakat tentang bagaimana cara melakukan inreyen sepeda motor. Hal ini menimbulkan berbagai macam pertanyaan dari para pengguna motor bagaimana cara inreyen yang benar.

Baca Juga: Bolehkah Busi Mobil Digunakan untuk Motor? Apa Dampaknya?

Beredar salah satu mitos dimana sepeda motor baru atau dalam masa inreyen tidak boleh dibawa ngebut, sepeda motor matic tidak boleh didorong, motor injeksi yang kehabisan bensin mengakibatkan turun mesin dan lain sebagainya.

Tidak boleh bawa ngebut motor dalam masa inreyen

Sepeda motor yang baru dibeli dari dealer biasanya harus melewati masa inreyen terlebih dahulu. Maksud dari masa inreyen adalah membiasakan komponen mesin untuk saling bergesekan antara satu dengan lainnya.

Baca Juga: Musim Hujan, Wajib Periksa Bagian Ini pada Motormu

Namun, bukan berarti pada masa inreyen sepeda motor tidak boleh dibawa ngebut. Bahkan, beberapa teknisi menyarankan untuk mengendarai sepeda motor dalam masa inreyen ini dalam kecepatan yang tinggi. Hal ini dimaksudkan agar motor terbiasa dikendarai dengan kecepatan yang tinggi.

Baca Juga: Tips Mengenali Busi Motor yang Perlu Diganti Berdasarkan Ciri-cirinya

Nah, sebenarnya yang tidak boleh dilakukan adalah menggeber gas secara spontan secara terus menerus dalam masa inreyen. Karena, mesin yang masih baru komponennya belum terbiasa mengalami gesekan secara spontan. Jika kondisi ini tetap dilakukan, dikhawatirkan komponennya akan mengalami keausan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini