Bolehkah Busi Mobil Digunakan untuk Motor? Apa Dampaknya?

Haris Ma'ani
Senin 27 Maret 2023, 20:40 WIB
Ilustrasi busi mobil  (Sumber : wuling.id)

Ilustrasi busi mobil (Sumber : wuling.id)

LABVIRAL.COM- Bolehkah busi mobil digunakan untuk motor, lalu kalau terpaksa menggunakan apa dampaknya?

Busi adalah satu bagian dari mesin baik mobil dan motor yang sangat penting. Part ini tidak boleh lepas dan harus tetap prima.

Meskipun sekilas bentuknya sama, terdapat perbedaan antara busi mobil dan motor. Hal itu karena spesifikasi mesin yang tentunya berbeda.

Perbedaan yang paling menonjol adanya tipe busi. Jika pada motor, kebanyakan yang dipakai adalah busi dingin dengan heat range 8-9. Sedangkan pada mesin mobil, kebanyakan busi yang dipakai adalah tipe panas yang memiliki heat ranget dari 6-7.

Nah, kemudian timbul pertanyaan apakah boleh busi mobil digunakan untuk motor?

Jawabannya adalah bisa saja, alasannya karena fungsi busi di kedua kendaraan tersebut sama-sama pemercik api. Karena fungsinya untuk meletikkan api di ruang bakar, busi mobil bisa dipakai untuk motor dan begitu juga sebaliknya.

Baca Juga: Yang Gak Pernah Ganti Busi, Siap-siap Deh!

Selama bentuk fisik busi mobil cocok dan pas dipasang pada mesin motor, berarti busi itu bisa digunakan. Sebagai contoh, busi Daihatus Xenia atau Toyota Avanza tipe lawas bisa digunakan untuk mesin motor Honda Tiger.

Dampak memakai busi motor di mobil?

Busi mobil kebanyakan didesain untuk putaran mesin yang rendah, sekitar 6.000 rpm, berbeda dengan mesin motor yang cukup tinggi, antara 10.000-15.000 rpm.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini