Air Teh Kental Bisa jadi Pengganti Minyak Rem, Hah?

Andi Syafriadi
Selasa 28 Maret 2023, 04:51 WIB
Illustrasi minyak rem

Illustrasi minyak rem

LABVIRAL.COM- Tidak sedikit yang mengatakan bahwa air teh kental bisa digunakan untuk pengganti minyak rem. Hal tersebut juga banyak beredar di internet.

Cara pembuatannya juga sederhana, kamu hanya perlu menyeduh 4-5 bungkus teh tubruk dengan setengah gelas air mendidih.

Lalu tunggu hingga air the mendingin dan saring. Pisahkan cairan tersebut dari bubuknya hingga bersih.

Baca Juga: Aturan Berapa Jarak Ideal Penggantian Kampas Rem Motor

Hasil seduhan teh kental tersebut dikatakan bisa untuk menggantikan fungsi dari minyak rem, apa benar bisa menggantikannya?

Padahal, sesungguhnya air teh kental ini tidak akan bisa menggantikan fungsi dari minyak rem. Pada dasarnya, dalam air teh kental ini tidak akan berubah jenis cairannya. Karena, kandungan air di dalam air the kental ini tetap akan menjadi air tidak berubah menjadi minyak.

Baca Juga: Solusi Atasi Jok Motor Hasil Modifikasi yang Rembes Air

Sedangkan air bisa menimbulkan karat pada komponen yang terbuat dari logam. Jadi, sebenarnya penggunaan air teh kental ini justru berbahaya. Meskipun digunakan dalam kondisi darurat.

Karena saat sistem pengereman terjadi master rem akan memompa cairan tersebut menuju kaliper dan menekan piston kaliper untuk mendorong kampas rem ke piringan. Jika cairan minyak rem ini diganti dengan air, bisa-bisa piston tidak menekan dengan sempurna dan kampas rem tidak terdorong ke piringan. Akibatnya, rem menjadi tidak menggigit.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini