Jangan Salah Pakai, Ini Perbedaan Helm Balap Motor dan Balap Mobil

Andi Syafriadi
Selasa 28 Maret 2023, 04:54 WIB
Pembalap Motor (Sumber : Pixabay)

Pembalap Motor (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM- Seperti yang sudah diketahui, Helm merupakan alat yang diciptakan untuk melindungi bagian kepala dari goncangan dan benturan yang dialami pengendara akibat kecelakaan.

Ternyata, helm tidak hanya diciptakan untuk para pengendara sepeda motor saja. Pada dunia balap mobil, helm juga digunakan untuk melindungi pembalapnya.

Baca Juga: Aturan Berapa Jarak Ideal Penggantian Kampas Rem Motor

Helm yang digunakan untuk balap mobil juga memiliki bebrapa jenis. Namun, yang sangat umum digunakan adalah 2 jenis. Yaitu, helm full face dan helm open face atau yang biasa disebut dengan helm half face.

Jika dilihat sekilas dari bentuknya, helm yang digunakan untuk balap mobil dan balap motor adalah sama. Hanya saja dibedakan dari detail-detailnya saja.

Detail helm balap mobil dan motor yang menjadi perbedaan sebagai berikut:

Ketahanan terhadap api

Salah satu detail yang pertama dari helm balap mobil adalah dari ketahanannya terhadap api. Helm balap mobil harus lulus saat pengujian ketahan api, karena pengendara berisiko terjebak di dalam mobil saat mobil dalam kondisi terbakar akibat kecelakaan.

Baca Juga: Filter Oli Mesin Mobil Harus Diganti , Cek Tanda-tandanya

Helm balap mobil menggunakan lapisan tahan api Nomex pada bagian dalamnya. Lalu, terdapat juga karet seal di area mata yang didesain bisa meleleh dan menutup visor helm agar melindungi pengendaranya.

Tahan Gesekan

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini