Bahaya Merokok Dalam Mobil, Jangan Contohi Supir Angkot!

Bonifasius Sedu Beribe
Selasa 28 Maret 2023, 05:36 WIB
Merokok di dalam mobil saat macet ternyata malah banyak ruginya. Kok Bisa?

Merokok di dalam mobil saat macet ternyata malah banyak ruginya. Kok Bisa?

LABVIRAL.COM, Bagi seorang perokok, menunggu adalah waktu yang tepat untuk mengisap batang demi batang barang yang terbuat dari tembakau tersebut. Salah satunya adalah menunggu macet di jalan.

Meski begitu, merokok di dalam mobil saat macet ternyata malah banyak ruginya. Kok Bisa? Berikut penjelasan yang dilansir dari Auto2000.

Baca Juga: Ternyata Bisa Melaporkan Pengendara Merokok Sambil Mengendara, Berikut Dasar Aturannya

1. Mengotori Jok dan Lantai Kabin

Rokok yang pengemudi nyalakan sambil macet-macetan bisa menyebabkan kabin kotor. Hal ini wajar saja, sebab abu rokok maupun puntungnya bisa terjatuh ke jok maupun lantai. Jika kebiasaan ini terus menerus terjadi maka tak heran mendapati jok dan lantai kabin yang kotor. Bahkan bara api rokok yang terjatuh ke jok berlapis fabric bisa saja bolong.

2. Plafon Kusam

Akibat rokok yang diisap pengemudi sambil menghabiskan waktu macet di jalan, tentu saja menghasilkan asap. Dari situlah dampak lainnya timbul, yaitu pada plafon alias langit-langit kabin mobil. Asap yang terus-menerus terpapar ke plafon akan membuat noda hitam. Jika dibiarkan maka membuat tampilan interior jadi lebih kusam dan tidak menarik dipandang.

3. Memecah Konsentrasi

Mengemudi adalah sebuag kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Merokok, mengoperasikan smartphone dan kegiatan lainnya tentu bisa saja memecah konsentrasi mengemudi. Contoh saat menyalakan rokok, mengambil korek dan hal lainnya yang berkaitan dengan rokok, bisa saja menjadi potensi pecahnya konsentrasi. Untuk itu sebaiknya tidak merokok saat macet sekalipun.

Baca Juga: Guru Besar FKUI Beri Dua Cara Berhenti Merokok, Yuk Simak!

4. Membahayakan Pengguna Jalan Lainnya

Merokok sambil mengemudi dapat membahayakan pengguna jalan lainnya karena bara api rokok yang bisa terbang terbawa angin. Terbangnya bara tersebut ke luar mobil melalui jendela mobil yang terbuka akan membahayakan karena dapat mencederai pengendara sepeda motor, pejalan kaki dan lainnya.

5. Sumber Kebakaran

Rokok yang merupakan sumber api tentu akan sangat berbahaya jika menyambar bahan-bahan yang mudah terbakar. Contoh ketika macet dan bersebelahan dengan truk pengangkut bahan bakar minyak atau sejenisnya, dengan tetap merokok saat macet tentu akan sangat berbahaya dan fatal akibatnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini