Guru Besar FKUI Beri Dua Cara Berhenti Merokok, Yuk Simak!

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 23:38 WIB
Ilustrasi rokok. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi rokok. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Banyak orang memiliki resolusi agar hidup lebih sehat di awal 2023, salah satunya yaitu berhenti merokok. 

Ketua Masyarakat Sadar Risiko Indonesia (MASINDO), Dimas Syailendra R dalam keterangan tertulis, menjelaskan angka perokok di Indonesia sudah menembus lebih dari 65 juta orang.

Selain karena akan lebih hemat, berhenti merokok juga membuat tubuh lebih sehat, tapi gimana caranya ya? Sebab, tingginya angka perokok tersebut berdampak terhadap kualitas kesehatan masyarakat. 

Baca Juga: Pentingnya Asupan Protein Harian Cegah Stunting pada Anak

Guru Besar Spesialis Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Tjandra Yoga Aditama mengatakan orang yang ingin berhenti merokok tidak mudah mewujudkannya. Namun, jika ada niat dan dukungan maka akan lebih mudah.

"Dengan niat yang kuat maka seseorang akan dapat berhenti merokok, apalagi kalau ada dukungan dari keluarga atau kerabat dekat," ujar Prof. Tjandra melalui keterangan tertulis, Rabu (25/1/2023) dikutip Labviral.com pada Rabu (15/3/2023).

Selain itu, Tjandra mengungkap dua cara berhenti merokok yang bisa dicoba oleh para perokok, yaitu langsung berhenti total dan turun bertahap. 

Baca Juga: Perlunya Lakukan Pencegahan Agar Tak Tertular Diare, Begini Caranya

Namun, masing-masing ini ada risikonya, yaitu langsung berhenti total punya keberhasilan tinggi, tapi peluang kambuh dan merokok kembali jadi lebih besar. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini