Waspada! Ini Gejala yang Mungkin Dialami Penderita Diare

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 23:26 WIB
ilustrasi seseorang alami penyakit diare

ilustrasi seseorang alami penyakit diare

LABVIRAL.COM - Kamu sering mengalami buang air besar dengan tekstur feses yang lebih cair, itu biasa disebut diare. Penyakit penceraan ini tak hanya menyerang orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak. Diketahui, diare menjadi salah satu penyakit mematikan pada anak karena kekurangan cairan dapat mengganggu kerja tubuh. 

Bahkan, berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI tahun 2019, jumlah kasus diare di seluruh Indonesia mencapai sekitar 7,2 juta kasus. Secara umum, penyebab diare adalah karena adanya infeksi virus atau bakteri, seperti rotavirus dan bakteri salmonella. Usai mengetahui penyebabnya, kamu juga perlu mengetahui gejala-gejala yang muncul saat diare.

Baca Juga: Agar Tak Salah, Ini Makanan yang Tidak Dianjurkan Penderita Diare

Dilansir kanal YouTube RS Premier Bintaro, dr spesialis penyakit dalam, dr. Suyanto Sidik menyebut beberapa gejala yang mungkin muncul pada saat terserang diare adalah, seseorang akan mengalami buang air besar yang lebih sering dari biasanya, gejala utama yang paling sering muncul adalah feses yang cair.

Kondisi fases yang cair sudah dijelaskan di atas bahwa ketika seseorang mengalami diare akan mendapati tinja atau kotorannya akan berubah menjadi encer. Gelaja perut mulas hingga sulit menahan BAB pun bisa jadi tanda kalau kamu sedang mengalami diare.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Diare di Rumah, Salah Satunya Konsumsi Air Putih

Penyakit diare pasti akan menguras seluruh cairan yang ada di dalam tubuh, dan keluar bersama feses yang cair tersebut membuat diri kita mengalami dehidrasi. Tanda dehidrasi pada orang dewasa, antara lain kelelahan dan tidak bertenaga, kehilangan nafsu makan, pusing, mulut kering, serta nyeri kepala.

Tanda dehidrasi juga dapat dialami kepada anak-anak, namun apabila keadaan dehidrasi berat, anak dapat terlihat cenderung mengantuk, tidak responsif, mata cekung, serta kulit perut yang dicubit tidak kembali dengan cepat.

Baca Juga: Masih Fresh Graduate Ingin Beli Mobil? Mengapa Tidak!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini