5 Cara Mudah Atasi Diare di Rumah, Salah Satunya Konsumsi Air Putih

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 23:22 WIB
Ilustrasi seorang wanita bangun tidur mengalami sakit perut. (Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi seorang wanita bangun tidur mengalami sakit perut. (Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Diare merupakan salah satu penyakit pencernaan yang banyak diderita oleh seseorang, terutama masyarakat Indonesia. Tak memandang usia, penyakit ini dapat menyerang siapapun.

Diare dapat terjadi hingga 2-3 hari lamanya, dan bahkan dapat hilang dengan sendirinya tanpa diberi obat-obatan. Kebanyakan orang yang terkena diare disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit.

Penyakit ini dapat bersifat akut atau kronis. Diare akut terjadi bila kondisi tersebut berlangsung selama satu hingga dua hari, sedangkan diare kronis mengacu pada diare yang berlangsung setidaknya selama hampir satu bulan.

Baca Juga: Hindari Diabetes, Berikut Makananan dan Kebiasaan Makan yang Baik untuk Mencegahnya

Gejala yang muncul pada penderita diare sangatlah beragam, mulai dari tinja yang encer, perut sakit, dehidrasi, tinja berdarah hingga mual dan muntah.

Jika sudah terjadi seperti itu, kamu pasti bingung bagaimana cara mengatasinya. Mengutip kanal YouTube Saddam Ismail, dokter penyakit dalam dr. Saddam memberikan tips untuk mengatasi diare di rumah.

Seperti apa tipsnya, simak rangkuman Labviral.com berikut ini:

1. Mengonsumsi Air Putih

Cara mengatasi diare yang pertama adalah perbanyak mengonsumsi cairan seperti meminum air putih. Saat diare, kamu rentan mengalami dehidrasi hingga berdebar-debar karena banyaknya cairan yang terbuang melalui tinja. Oleh karena itu, ganti cairan yang hilang dengan minum air putih sebanyak mungkin.

Baca Juga: Ibu Ayo Baca! 6 Cara Supaya Tetap Bahagia, Jangan Stres Lagi

2. Larutan Oralit

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini