Financial Planner: Perencana Keuangan yang Siap Bantu Kesehatan Finansial Kamu

Dian Eko Prasetio
Rabu 15 Maret 2023, 23:12 WIB
Illustrasi Financial Planner (Sumber : -)

Illustrasi Financial Planner (Sumber : -)

LABVIRAL.COM - Jika dilihat sekilas, mengatur keuangan adalah hal yang mudah, tapi kenyataannya tidak. Mengatur keuangan butuh niat dan ketegasan pada diri sendiri. Alhasil, pengeluaran tidak melebihi budget yang sudah ditetapkan. 

Bagi yang kesulitan mengatur keuangan, menggunakan jasa financial planner sangatlah disarankan. Apa itu financial planner dan apa fungsinya? Berikut ini penjelasan lengkapnya melalui lansiran Cermati.

1. Apa Itu Financial Planner?

Financial planner atau perencana keuangan adalah seseorang atau lembaga profesional yang membantu klien untuk mengatur masalah keuangan demi mewujudkan kesehatan keuangan dalam jangka panjang.

Financial planner merupakan sebuah profesi yang bertanggung jawab atas kesehatan finansial seorang klien. Jadi, tugasnya tidak main-main.

Financial planner adalah profesi yang lebih spesifik daripada financial advisor. Bisa dikatakan financial advisor adalah profesi secara umum saja. Namun, keduanya sama-sama bertanggung jawab untuk menyukseskan kesehatan finansial klien.

Perencana keuangan biasanya akan berdiskusi terlebih dahulu tentang problematika keuangan yang dihadapi oleh seorang klien. Setelah itu, baru akan menyusun financial planning untuk menentukan step by step mengenai perubahan tata cara mengatur keuangan. Dengan demikian, kondisi keuangan klien menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Dalam financial planning, perencana keuangan juga akan memberikan insight mengenai produk investasi yang dapat dipertimbangkan oleh klien.

Produk ini bisa berupa investasi jangka pendek, menengah, dan panjang. Tujuannya untuk membantu klien meningkatkan penghasilan, sehingga tujuan finansial semakin cepat tercapai. 

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Tidur, Salah Satunya Jangan Minum Kopi Sesudah Jam 2 Siang

2. Financial Planner Bukan Financial Consultant

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Bisnis

Simak 6 Cara agar Gajimu Cepat Naik!

Rabu 15 Maret 2023, 16:21 WIB
Simak 6 Cara agar Gajimu Cepat Naik!
Berita Terkini