Hedonisme! Kanker Dompet yang Bikin Kamu Miskin

Dian Eko Prasetio
Rabu 15 Maret 2023, 22:50 WIB
Illustrasi Perilaku Hedonisme (Sumber : Pixabay)

Illustrasi Perilaku Hedonisme (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM - Kamu pasti pernah mendengar kata ‘hedon’ seperti dalam percakapan sehari-hari 'hedon banget sih lo' dan sebagainya.

Biasanya, kata tersebut digunakan untuk menggambarkan atau mengkritik seseorang yang memiliki gaya hidup konsumtif, boros dalam menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

Kata hedon lazim juga dilontarkan kepada seseorang yang mempunyai hasrat belanja tinggi, membeli barang ini-itu tanpa berpikir panjang.

Sebetulnya apa sih yang dimaksud hedonisme dan seluk beluknya, juga bagaimana cara menghindari perilaku hedonisme? Berikut penjelasan yang Labviral.com coba rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 7 Tips Mengatasi Masalah Susah Tidur pada Anak, Nomor 6 Bener Banget!

1. Pengertian Hedonisme

Hedonisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu hedonismeos dengan kata dasar hedone. Kata hedone memiliki arti ‘kesenangan,’ sedangkan hedonismeos diartikan sebuah cara pandang yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kesenangan sebanyak mungkin.

Kesenangan tersebut bisa didapatkan melalui berbagai cara, seperti menikmati hiburan, memiliki harta, kegiatan seksual, dan sebagainya.

2. Sejarah Hedonisme

Kata hedonisme sudah muncul sejak awal munculnya filsafat, atau saat manusia mulai berfilsafat pada tahun 433 Sebelum Masehi.

Pandangan ini muncul ketika Socrates, salah satu filsuf paling terkenal mempertanyakan mengenai tujuan hidup manusia di dunia ini.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Bisnis

Simak 6 Cara agar Gajimu Cepat Naik!

Rabu 15 Maret 2023, 16:21 WIB
Simak 6 Cara agar Gajimu Cepat Naik!
Berita Terkini