7 Tips Mengatasi Masalah Susah Tidur pada Anak, Nomor 6 Bener Banget!

Ananta
Rabu 15 Maret 2023, 22:49 WIB
Anak susah tidur ? Coba beberapa tips ini (Sumber : Freepik.com)

Anak susah tidur ? Coba beberapa tips ini (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Anak-anak dan remaja membutuhkan minimal 9 jam tidur setiap malam. Oleh karena itu, perlu usaha lebih untuk menjaga pola tidur yang baik untuk menghindari mereka dari berbagai akibat gangguan tidur pada anak.

Jika anak susah tidur, maka hal ini bisa berdampak negatif terhadap perkembangan fisik, mental, dan performa mereka di sekolah. Simak berbagai masalah tidur anak lewat penjelasan di bawah ini.

Tanda-tanda Gangguan Tidur pada Anak

Segera berkonsultasi dengan dokter anak jika buah hati menunjukkan salah satu dari tanda-tanda gangguan tidur pada anak berikut:

  • Mendengkur
  • Pernapasan berhenti saat tidur
  • Tidak bisa tidur
  • Sering mengantuk di siang hari
  • Lesu di siang hari
  • Tidur sambil berjalan atau sering mimpi buruk

Baca Juga: Bunda Wajib Tahu, 5 Manfaat Tidur Siang bagi Perkembangan Anak

Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

Sejak dini, usahakan untuk menetapkan pola rutinitas jam tidur yang teratur setiap malam. Misalnya, anak-anak harus bersiap tidur jam 19.30 atau 20.00. Selain itu, simak beberapa tips yang bisa membantu mengatasi masalah tidur anak berikut:

1. Berolahraga Teratur dan Konsumsi Makanan Sehat

Gambar makanan sehat dan ilustrasi berolah raga [Alodokter]

Jika tidak melakukan kegiatan fisik yang cukup saat siang hari, Si Kecil akan memiliki terlalu banyak energi saat malam hari sehingga anak akan sulit tidur. Sehingga, Anda disarankan untuk mengajak anak melakukan lebih banyak aktivitas saat siang hari.Anak berusia 5 hingga 18 tahun disarankan untuk melakukan aktivitas fisik setidaknya 60 menit setiap harinya. Selain itu, biasakan anak untuk mengonsumsi makanan sehat dan hindari mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein setelah pukul 3 sore.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini