Agar Tak Salah, Ini Makanan yang Tidak Dianjurkan Penderita Diare

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 23:24 WIB
Ilustrasi seseorang alami diare

Ilustrasi seseorang alami diare

LABVIRAL.COM - Saat sakit diare, kamu akan merasakan mulas yang dibarengi dengan dorongan untuk buang air besar (BAB) lebih sering dari biasanya. Umumnya penyebab diare disebabkan adanya infeksi pada sistem pencernaan akibat makan makanan yang tidak terjamin kebersihannya. Sebagai salah satu cara mengatasi diare, kamu harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan untuk dikonsumsi.

Baik itu yang dianjurkan atau yang tidak dianjurkan, karena apabila kamu salah memilih makanan akan mengakibatkan diare yang lebih parah. Yuk, simak makanan yang tidak dianjurkan dikutip Labviral.com dari kanal YouTube Sehat Secara Alami:

Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Diare di Rumah, Salah Satunya Konsumsi Air Putih

Produk susu

Ketika diare, kamu harus menghindari produk susu dan olahannya untuk sementara waktu selain yogurt. Pada saat kamu mengalami diare, usus kesulitan untuk bisa menghasilkan enzim laktase, enzim yang dibutuhkan tubuh untuk bisa mencerna laktosa atau gula di dalam susu. JIka tidak tercerna, dampaknya akan terjadi kondisi seperti perut kembung, mual hingga diare yang kondisinya lebih parah. Maka dari itu kamu perlu menghindari produk susu untuk sementara sampai diare sembuh.

Baca Juga: Masih Fresh Graduate Ingin Beli Mobil? Mengapa Tidak!

Pemanis buatan

Pemanis buatan dipercaya sebagai obat pencahar pada system pencernaan. Jika kamu sedang mengalami diare, sebaiknya kamu hindarkan memakan makanan manis seperti, permen, permen karet, minuman ringan, semua yang mengandung pemanis buatan tersebut. Sebab mengonsumsi gula buatan bisa menyebabkan usus lebih banyak memproduksi air sebagai pemicu diare.

Baca Juga: Hindari Diabetes, Berikut Makananan dan Kebiasaan Makan yang Baik untuk Mencegahnya

Makanan berlemak

Makanan yang harus dihindari lainnya ketika mengalami diare yaitu makanan yang berminyak dan berlemak, seperti gorengan, makanan mengandung krim, fast food, daging berlemak, serta makanan yang dibuat dengan campuran saus akan memperparah diare.  Makanan berlemak tinggi dapat mempercepat kontraksi usus. Hal ini bisa memicu reaksi pada sistem pencernaan yang sudah sensitif. Diare pun menjadi semakin parah. Jika sudah begini, sebaiknya kamu segera mengonsumsi pisang, roti, nasi dan kentang rebus untuk memperbaikinya.

Baca Juga: Ibu Ayo Baca! 6 Cara Supaya Tetap Bahagia, Jangan Stres Lagi

Makanan berserat

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini