Perlunya Lakukan Pencegahan Agar Tak Tertular Diare, Begini Caranya

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 23:31 WIB
Ilustrasi seseorang alami penyakit pencernaan

Ilustrasi seseorang alami penyakit pencernaan

LABVIRAL.COM - Salah satu masalah pencernaan yang cukup mengganggu adalah diare. Diare sendiri merupakan kondisi dimana buang air besar (BAB) lebih sering dibandingkan dengan biasanya dan ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan.

Ditambah kondisi cuaca yang berubah-ubah bisa memengaruhi kondisi tubuh dan kesehatan.

Secara umum, diare bisa disebabkan oleh virus, bakteri, bahkan parasit yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Tanda dan gejala diare mudah dikenali, salah satunya adalah penderita sering buang air besar.

Baca Juga: Lagi Diare Bikin Bingung Mau Makan Apa? Yuk Simak Makanan yang Dianjurkan

Tinja yang dikeluarkan pun tak lagi padat, namun cair bahkan bisa berbarengan dengan darah. Selain itu, penderita akan terus merasa sakit perut dan tak jarang mual dan pusing. Dalam mengatasi penyakit diare, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Seorang dokter spesialis penyakit dalam dr. Saddam Ismail dari kanal YouTube Saddam Ismail pun memberikan tips untuk Diet B.R.A.T, yakni B (pisang atau banana), R (nasi atau rice), A (saos apel atau applesauce), T (roti atau toast) tanpa topping.

Baca Juga: Waspada! Ini Gejala yang Mungkin Dialami Penderita Diare

Diet B.R.A.T tersebut bisa dilakukan 2-3 hari dengan tujuan agar feses lebih padat. Tapi tak hanya itu, agar terhindar dari penyakit diare kamu bisa melakukan beberapa anjuran, yuk simak!

  • Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh bahan makanan mentah, setelah menggunakan toilet, dan setelah bersin atau batuk
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang matang atau sudah dimasak
  • Menghindari konsumsi buah dan sayuran yang mentah atau tidak dipotong sendiri, terutama saat bepergian
  • Memberikan ASI eksklusif pada 6 bulan pertama bagi bayi, guna membantu membentuk antibodi dalam melawan mikroorganisme penyebab diare
  • Menjalani vaksinasi rotavirus, untuk melindungi bayi dari serangan virus yang paling umum menyebabkan diare

Baca Juga: Agar Tak Salah, Ini Makanan yang Tidak Dianjurkan Penderita Diare

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini