Lagi Diare Bikin Bingung Mau Makan Apa? Yuk Simak Makanan yang Dianjurkan

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 23:29 WIB
Ilustrasi seorang pria alami diare (Sumber : Freepik.com/cookie_studio)

Ilustrasi seorang pria alami diare (Sumber : Freepik.com/cookie_studio)

LABVIRAL.COM - Diare merupakan penyakit yang membuat penderitanya alami buang-buang air besar dengan kondisi fases yang cair atau disebut dengan mencret.

Pada umumnya diare terjadi akibat mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi virus, bakteri, atau parasit.  Maka dari itu sangat penting memilah milih makanan, apalagi ketika kamu terkena diare.

Salah memilih makanan bisa menyebabkan penyakit diare lebih parah. Karena diare yang memburuk dapat menyebabkan komplikasi yang fatal, jika tidak ditangani dengan tepat.

Baca Juga: Waspada! Ini Gejala yang Mungkin Dialami Penderita Diare

Berikut beberapa rekomendasi makanan yang dianjurkan saat diare, dikutip dari kanal YouTube dr. Suci Nasir. Dokter spesialis penyakit dalam dr. Suci Arianti, memberikan tips untuk kamu yang sedang alami diare dengan 3 jenis makanan paling cepat sembuh. Yuk simak!

Makanan hambar

Saat mengalami diare tapi kita tetap mengonsumsi makanan yang complex, terlalu berbumbu atau terlalu pedas justru akan mengiritasi usus. Bahkan bisa menyebabkan diare menjadi lebih parah. Jadi maksud dari mengonsumsi makanan yang hambar, adalah berupa pisang karena mengandung banyak kalium sehingga mampu memperbaiki fases yang cair sebagai pengganti elektrolit.

Baca Juga: Agar Tak Salah, Ini Makanan yang Tidak Dianjurkan Penderita Diare

Selain pisang, ada juga cereal, roti putih atau roti yang tidak menggunakan topping seperti coklat, keju, susu dan sebagainya. Makanan hambar lainnya adalah kentang rebus dan nasi. Untuk jumlah, sebaiknya sedikit-sedikit tapi sering, hal itu berguna untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh yang keluar akibat diare.

Makanan dengan kandungan probiotik

Makanan dengan kandungan probiotik mampu memperbaiki masalah kesehatan seperti yogurt dan kefir. Dalam hal ini, kandungan probiotik berperan untuk meningkatkan bakteri baik dalam usus. Sehingga probiotik bermanfaat untuk memperbaiki fungsi usus dalam menyerap cairan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini