Kenapa Lampu Sein Mobil Mati, Cari Tahu Penyebabnya

Bonifasius Sedu Beribe
Selasa 28 Maret 2023, 06:02 WIB
Selain aki, komponen lain yang mungkin jadi penyebab lampu sein mati ialah flasher

Selain aki, komponen lain yang mungkin jadi penyebab lampu sein mati ialah flasher

LABVIRAL.COM, Lampu sein merupakan bagian penting pada kendaraan, yang berfungsi cukup erat dengan keselamatan. Untuk itu, kondisi lampu sein harus dipastikan selalu dalam keadaan prima dan bekerja sebagaimana mestinya.

Lampu sein secara khusus memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai pemberi petunjuk arah, ketika pengemudi hendak belok ke kanan atau kiri. Juga, pemberi isyarat kepada pengendara lain saat hendak menyalip ataupun berpindah jalur.

Pada umumnya, di setiap mobil disematkan 4 lampu senin, yang dua berada di depan pada bagian kanan dan kiri, juga dua di belakang kanan dan kiri. Tujuan lampu sein berada di setiap sudut mobil ini agar petunjuk yang diberikan mudah dilihat oleh kendaraan lainnya.

Nah, sadar begitu pentingnya lampu sein, tentu saja kamu harus memastikan setiap kondisi lampu sein dapat berkerja dengan maksimal. Tapi terkadang, muncul penyakit yang pada umumnya terjadi pada lampu sein mobil, yaitu lampu mati total yang tentu saja hal tersebut sangatlah berbahaya baik bagi pengemudi ataupun orang-orang sekitar.

Jika lampu sein mobilmu mengalami kerusakan serupa, kamu harus tahu penyebabnya terlebih dahulu. Agar dalam mengambil tindakan, kamu tidak salah. Apa saja penyebabnya? Berikut ini Labviral.com sebutkan. Yuk, disimak!

Baca Juga: Lampu Hazard Gak Boleh Asal Dinyalakan Loh!

Lampu yang putus

Lampu sein yang redup saja sudah berbahaya, apalagi jika mati total. Tentu, ini akan benar-benar sangat berbahaya. Adapun penyebab lampu sein mati total, biasanya disebabkan oleh putusnya bola lampu.

Putusnya bola lampu bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti penggunaan yang sudah cukup lama, benturan, dan juga cara mengemudi yang urak-urakan. Jika bola lampu sudah putus, tidak ada yang bisa kamu lakukan selain menggantinya dengan yang baru. Jadi, hai-hati saat mengemudi, ya!

Baca Juga: Deretan Sisi Negatif Lampu LED Motor yang Gak Cuma Silaukan Mata

Sekring lampu putus

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini