Ganti Gear Set Motor Sesuai Kebutuhan, Pastikan tidak Terlalu Besar atau Terlalu Kecil

Yowan R
Selasa 28 Maret 2023, 11:54 WIB
Ilustrasi gear motor dengan perbandingan rasio tinggi untuk penggunaan jalan menanjak (Sumber : pixabay.com)

Ilustrasi gear motor dengan perbandingan rasio tinggi untuk penggunaan jalan menanjak (Sumber : pixabay.com)

LABVIRAL.COM - Sepeda motor yang masih menggunakan penerus daya model rantai, ukuran gear yang digunakan di jalan rata atau menanjak sudah pasti berbeda.

Penggunaan ukuran gear motor ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik motornya.

Pada motor sport biasanya menggunakan ukuran gear yang cukup besar saat keluar dari pabrikan, sedangkan motor bebek biasanya menggunakan ukuran gear yang lebih kecil dari motor sport. Hal ini berkaitan dengan perbandingan rasio transmisi mesin pada masing-masing motor.

Baca Juga: Nggak Perlu Bingung, Begini Cara Merawat Transmisi Motor Manual Supaya Awet!

Karena itu, saat melakukan penggantian gear pada motor, usahakan untuk tidak menggantinya denga ukuran yang terlalu kecil ataupun terlalu besar dari gear bawaannya. Pasalnya, ukuran gear akan berpengaruh besar pada performa motor.

Contohnya, perbandingan rasio gear depan dan belakang yang besar akan membuat akselerasi motor menjadi lebih ringan dan torsi motor menjadi lebih tinggi, namun harus mengorbankan top speed motor.

Perbandingan rasio ini biasanya diterapkan pada motor yang sering digunakan untuk mengangkut beban berat atau melewati jalan tanjakan yang relatif banyak. Karena, tenaga motor otomatis menjadi lebih besar.

Baca Juga: Cara Aman Bawa Barang di Bagian Depan Motor Matic, Klik!

Sedangkan rasio gear depan dan gear belakang yang kecil akan membuat nafas motor menjadi lebih panjang sehingga top speed motor menjadi lebih tinggi, namun tenaga motor menjadi berkurang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini