Cara Aman Bawa Barang di Bagian Depan Motor Matic, Klik!

Aci
Sabtu 25 Maret 2023, 21:33 WIB
Ilustrasi membawa barang berlebih (Sumber : OLX)

Ilustrasi membawa barang berlebih (Sumber : OLX)

LABVIRAL.COM - Motor memang kendaraan yang paling umum digunakan oleh masyarakat, mengingat penggunaannya yang praktis dan cocok digunakan di ibu kota yang penuh dengan kepadatan lalu lintasnya.

Bermotor tentu saja harus dengan etika, yaitu mematuhi setiap peraturan yang ada dan taat akan semua persyaratan bermotor.

Bicara etika bermotor, tentunya akan sangat kompleks dan beragam. Mulai dari pengemudinya, penumpangnya, sampai dengan ketaatan pada setiap peraturan yang telah ditetapkan selama berada di perjalanan. Tentunya, kepatuhan dan etika bermotor ini harus dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Baca Juga: Transmisi Mobil Matic, Ketahui Cara Cek Kesehatannya

Membahas soal keselamatan berkendara, banyak pengemudi motor yang mengganggap enteng setiap peraturan bermotor. Karena memang semudah itu berkendara dengan motor.

Adapun salah satu hal yang sering kali diabaikan yaitu muatan barang bawaan saat bermotor. Biasanya, pemotor yang berkendara sendiri menggunakan motor matic kerap kali menaruh barang di bagian depan pijakan kaki motor di bawah stang motor, sesuka hati. Padahal yang sebenarnya, itu tidak boleh dilakukan.

Selain berfungsi sebagai pijakan kaki si pengendara, motor matic dengan dek model rata sering kali difungsikan untuk meletakan barang. Boleh saja, tetapi tetap saja tidak boleh sesuka hati, lho!

Baca Juga: Update Harga Terbaru Ban Tubeless Motor Matic September 2022

Demi keamanan, tidak semua jenis barang bisa diletakkan di situ. Bobot dan ukurannya pun harus pula diperhatikan. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut Labviral.com jelaskan untukmu!

Ukuran barang tidak mengganggu pijakan kaki

Keselamatan berkendara akan terasa lebih mudah, jika kenyamanan berkendara sudah dirasakan. Untuk itu, saat kamu mengemudikan motor dan ingin menaruh barang bawaan di bagian depan, pastikan barang bawaan tersebut tidak terlalu besar. Apalagi sampai mengganggu posisi kakimu berpijak.

Dari sisi tinggi barang, pastikan tidak melebihi tinggi jok pengendara atau menyentuh bagian batok setang kemudi. Ini agar barang tidak sampai membentur objek lain dan mengganggu pengendalian ketika motor berjalan.

Baca Juga: Cara Bedakan Oli Khusus Motor Manual dan Motor Matic, Gampang Bos!

Pastikan barang terbungkus dengan rapi

Untuk memudahkan kamu dalam mengemudi, pastikan barang yang akan kamu taruh di bagian tersebut dalam kondisi terbungkus rapi dan terikat di pengait tengah dek motor, agar tidak mudah jatuh saat melewati jalan yang bergelombang. Dan tentunya tidak menyusahkan kamu.

Jika barang tidak diikat, usahakan menjepit barang yang dibawa pakai bantuan lutut.

Nah, itu hal yang harus diperhatikan saat membawa barang di bagian depan motor matic. Ingat, tetap berhati-hati dalam berkendara.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini