Sering Disepelekan, Kapan Waktu yang Tepat Ganti Oli Gardan?

Yusuf Tirtayasa
Selasa 28 Maret 2023, 12:05 WIB
Ilustrasi oli mobil yang sedang diganti oleh montir (Sumber : Unsplash)

Ilustrasi oli mobil yang sedang diganti oleh montir (Sumber : Unsplash)

LabViral.com - Mobil memiliki dua sistem penggerak yaitu 2WD dan 4WD. Keduanya membutuhkan gardan yang berfungsi untuk meneruskan tenaga putar yang dihasilkan mesin ke roda penggerak.

Layaknya mesin, gardan juga memiliki oli sebagai pelumas agar proses kerjanya berjalan lancar. Namun jarang yang menyadari bahwa oli ini juga harus diganti dalam jangka waktu tertentu. Jika tidak, maka bisa cepat rusak hingga jebol.

Untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri oli gardan harus segera diganti, simak ulasan yang dirangkum dari Auto2000 berikut ini.

1. Muncul Gejala-Gejala Dari Gardan

Dikarenakan posisi komponen gardan berada di bawah mobil, maka pemilik kendaraan akan sangat mudah melihat gejala jika memang oli sudah harus diganti. Ada beberapa gejala atau tanda yang biasanya muncul, yaitu terdengar suara mendengung dari bawah mobil, getaran di bagian bodi mobil ketika melewati jalanan menurun, dan muncul suara saat berbelok.

Beberapa gejala di atas biasanya disebabkan oli gardan yang sudah tidak mampu melumasi gigi-gigi secara sempurna. Sudah pasti permukaan gigi menjadi tidak licin lagi dan akhirnya menimbulkan bunyi atau getaran tidak lazim. Segera cek kondisi gardan ke bengkel untuk menyelesaikan masalah ini.

2. Melewati Batas Penggantian Oli Gardan

Apapun komponennya, selalu ada batas pemakaian sebelum akhirnya harus diganti dengan yang baru. Begitu juga dengan oli gardan. Pelumas ini memiliki batas juga hingga diperbarui agar fungsinya tetap maksimal.

Baca Juga: Efeknya Bahaya, Ini Ciri-ciri Oli Mobil Habis

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini