Biar Makin Mahir, Begini Cara Memundurkan Mobil Manual

Yusuf Tirtayasa
Selasa 28 Maret 2023, 15:20 WIB
Ilustrasi mobil penggerak semua roda atau 4 WD (Sumber : Auto2000)

Ilustrasi mobil penggerak semua roda atau 4 WD (Sumber : Auto2000)

LabViral.com - Salah satu tantangan ketika mengemudikan sebuah mobil adalah jalan mundur. Skill ini wajib dikuasai oleh setiap pengemudi mobil. Mengemudikan mobil dengan jalan mundur harus penuh perhitungan cermat agar tidak menabrak. Mobil juga harus di posisi yang disesuaikan.

Cara untuk mundur sebenarnya sangat mudah. Jika mobil bertansmisi manual, cukup injak rem dan kemudian posisikan tuas transmisi ke titik R. Setelah girboks di posisi mundur, tarik kopling secara perlahan. Terkadang dengan memanfaatkan putaran mesin, mobil sudah akan mundur dengan sendirinya.

Jika kondisi sedikit menanjak, imbangi dengan tarikan gas yang selaras. Hal tersebut agar mobil tidak mati ketika kopling sudah dilepas. Untuk mobil yang memiliki transmisi automatik, tinggal injak pedal rem, kemudian tuas transmisi pindah ke posisi R. Lepas rem perlahan dan mobil akan mundur.

Namun, ada sejumlah tips dan trik untuk memudahkan para pengemudi pemula, berikut tips dan trik mengemudi mobil mundur yang aman.

1. Menoleh ke Belakang

Tips yang pertama adalah jangan ragu untuk menoleh ke belakang. Hal ini kerap menjadi kebingungan terutama untuk pengemudi pemula. Pengemudi pemula saat mundur boleh melihat ke belakang, selain mengandalkan penglihatan dari kaca spion.

Cobalah melihat ke belakang guna memastikan perhitungan jarak yang lebih akurat. Posisikan tangan kanan tetap di setir dan kiri posisi bebas, atau bisa juga bersiap di tuas transmisi.

Sebisa mungkin ketika melihat ke belakang dari sebelah kiri. Setelah itu, lepas pedal kopling pelan-pelan, atau rem jika mobil matik, kemudian mundur.

Baca Juga: 5 Kesalahan Pengemudi Mobil Manual, Jangan Lakukan Lagi!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini