Jenis-jenis Transmisi Matic Pada Mobil dan Perbedaannya

Yusuf Tirtayasa
Selasa 28 Maret 2023, 17:32 WIB
Ilustrasi transmisi matic (Sumber : mitsubishi-motors.co.id)

Ilustrasi transmisi matic (Sumber : mitsubishi-motors.co.id)

LabViral.com - Hampir semua pabrikan mobil kini sudah memberikan pilihan transmisi otomatis atau matic pada setiap mobil barunya. Meski terlihat sama, namun ternyata ada berbagai jenis pada mobil matic. Umumnya di pasaran Indonesia terdapat tiga jenis transmisi matic ini.

Transmisi mobil matic yang ada di pasaran Indonesia adalah CVT, AT, dan AMT. Untuk lebih jelas mengenai perbedaan ketiganya, simak ulasan di bawah ini.

1. Transmisi AT (Automatic Transmission)

Jenis transmisi mobil matic ini cukup populer di Indonesia. Transmisi AT ini juga cikal bakal transmisi mobil matic. Transmisi mobil matic satu ini masuk ke jenis transmisi konvensional karena beberapa bagiannya masihmirip dengan transmisi manual.

Transmisi mobil matic AT memiliki 3 komponen yang lebih kompleks yakni  torque converters, planetary gear set, dan hydraulic control unit.

Baca Juga: Perbedaan Transmisi Otomatis CVT dan AT, Mana yang Lebih Unggul?

Yang membuat transmisi AT mirip seperti transmisi konvensional adalah adanya torque converters yang berfungsi seperti halnya kopling. Perpindahan kopling pada transmisi masih diatur secara semi manual.

2. Transmisi CVT

Transmisi CVT adalah singkatan dari Continuously Variable Transmission. Transmisi ini juga dikenal sebagai transmisi tanpa-pindah. Transmisi mobil matic jenis satu ini kini menjadi salah satu yang paling banyak digunakan, sebab terkenal dengan perpindahan gigi yang halus.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini