Ganti Ban Motor Tak Sesuai Ukuran, Jangan Deh Bro!

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 29 Maret 2023, 00:55 WIB
Anak sekarang hobinya ganti ban biar kelihatan keren

Anak sekarang hobinya ganti ban biar kelihatan keren

LABVIRAL.COM, Belakangan ini banyak pengendara sepda motor memodifikasi ukuran ban biar terlihat keren. Padahal keren belum tentu sesuai aturan. Malah bisa saja akan memengaruhi performa motor secara keseluruhan.

Sebagaimana kita tahu semua selain berfungsi sebagai penopang sepeda motor, ban motor juga berfungsi sebagai penerus daya mesin dalam menggerakan sepeda motor dengan stabil. 

Karena itu ban sepeda motor punya peran penting dalam performance sepeda motor. Ban motor dirancang lebih kuat dan kokoh khususnya untuk bermanuver di tikungan tajam.

Baca Juga: Cara Baca Kode Ban Motor yang Rumit Itu

Dilansir dari wahanahonda, ban jadi satu-satunya komponen sepeda motor yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan dan sangat erat kaitannya dengan keamanan dan kenyamanan berkendara. Karena itu ban harus mendapat perhatian dan perawatan supaya berkendara jadi aman dan nyaman saat melintasi berbagai kondisi jalan. 

Ukuran ban sudah melewati penelitian dan pengujian 

Perlu diketahui, ukuran ban yang terpasang di sepeda motor baru sudah melewati serangkaian penelitian dan pengujian.  

Jadi, mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar akan berpengaruh pada handling, performa sepeda motor dan kinerja ban itu sendiri.   

Selain akibat bobot ban yang bertambah, juga dipengaruhi oleh tapakan ban yang menyentuh permukaan jalan menjadi lebih lebar. Hal ini pun bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. 

Baca Juga: Semir Ban Bikin Ban Motor Cepat Rusak?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Semir Ban Bikin Ban Motor Cepat Rusak?

Selasa 28 Maret 2023, 21:04 WIB
Semir Ban Bikin Ban Motor Cepat Rusak?
Berita Terkini