Fungsi Kotak Hitam Kecil di Atas CVT Skutik Produk Honda, Baru Tahu Nih!

Andi Syafriadi
Rabu 29 Maret 2023, 08:50 WIB
Ilustrasi kotak hitam kecil yang terdapat pada CVT skutik Honda (Sumber : astramotor.co.id)

Ilustrasi kotak hitam kecil yang terdapat pada CVT skutik Honda (Sumber : astramotor.co.id)

LABVIRAL.COM- Kotak kecil berwarna hitam yang menempel di bagian crankcase CVT bagian belakang skutik Honda ini banyak yang tidak tahu fungsinya.

Hal tersebut membuat sebagian pengendara skutik Honda menjadi penasaran. Kotak kecil berwarna hitam ini terletak tepat di sebelah dudukan bawah sokbreker belakang.

Kamu bisa menjumpai kotak hitam kecil ini di motor matic dari Honda keluaran terbaru, seperti Honda BeAt, Honda Scoopy, bahkan bisa kamu temui juga di Honda Genio.

Baca Juga: Motor Inreyen Gak Boleh Balap Dulu, Mitos atau Fakta?

Dari penjelasan PT Astra Honda Motor (AHM) diperoleh informasi, ternyata di dalam kotak hitam itu terdapat wheel speed sensor atau umumnya dikenal sebagai sensor kecepatan.

Komponen tersebut tidak akan kamu jumpai pada motor matic Honda keluaran lama. Sensor ini berfungsi untuk memberikan data kecepatan motor yang akan ditampilkan di speedometer.

Baca Juga: Cara Ngerem Mendadak pada Motor Matic, Dijamin Aman

Honda saat ini sudah mulai meninggalkan penggunaan kabel konvensional sebagai komponen yang berfungsi untuk membaca kecepatan motor, dan sebagai gantinya, Honda menggunakan wheel speed sensor untuk membaca kecepatan di motor-motor keluaran terbarunya.

Untuk cara kerjanya sendiri, wheel speed sensor akan menangkap berapa banyak putaran gardan yang memutar roda gigi belakang.  Kemudian, hasil dari informasi tersebut dikirimkan ke ECU yang nantinya akan diteruskan ke speedometer.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini