5 Cara Menghilangkan Virus di Handphone Android, Mudah dan Aman!

Annisa Fadhilah
Rabu 29 Maret 2023, 10:54 WIB
Ilustrasi aplikasi hp (Sumber : Unsplash/nordwood)

Ilustrasi aplikasi hp (Sumber : Unsplash/nordwood)

LABVIRAL.COM - Kondisi mencurigakan dari handphone (hp) bisanya disebabkan virus. Solusi yang bisa dilakukan adalah menghilangkan virus di handphone Android tersebut.

Tidak hanya komputer, handphone Android juga rawan terinfeksi malware. Malware merupakan perangkat lunak berbahaya. Malware bisa meliputi virus, worm computer, trojan, ransomware dan spyware. 

Virus yang menyerang handphone Android dapat memperlambat sistem dan menyebabkan gangguan yang mempersulit penggunaannya. Gejala handphone terkena virus adalah adanya aktivitas yang tidak biasa seperti lambatnya kinerja handphone, baterai yang lebih cepat habis, dan munculnya banyak iklan pada handphone yang tidak berhubungan dengan riwayat pencarian. 

Jika mengalami hal tersebut segera lakukan cara mudah menghilangkan virus di handphone Android. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

Hapus aplikasi berbahaya

Ilustrasi hapus aplikasi (Pinmig)

Virus di handphone Android sebagian besar berasal dari aplikasi berbahaya. Meskipun kini Google dapat menghapus malware di Play Store, akan tetapi aplikasi berbahaya sering kali diunduh ribuan kali terlebih dahulu. Cara menghapusnya dengan menggunakan aplikasi penghapus malware handphone.

Baca Juga: 6 Aplikasi Antivirus untuk Handphone Android, Gratis dan Dijamin Ampuh

Bersihkan cache dan unduhan

Ilustrasi hapus unduhan (freepik.com)

Membersihkan cache dan unduhan akan mengurangi risiko virus pada handphone. Berikut cara mudah untuk melakukannya:

  1. Buka pengaturan pada handphone.
  2. Klik opsi ‘App dan Notifications’.
  3. Pilih Chrome atau jenis peramban lainnya di handphone.
  4. Di menu ‘Storage dan Cache; pilih opsi hapus cache dan unduhan.

Beralih ke safe mode

Ilustrasi atur safe mode (Pixabay.com/ Jan Vašek)

Untuk handphone Android, kamu dapat beralih ke mode aman dengan menahan tombol daya selama beberapa detik ketika perangkat sedang aktif. Kemudian ketuk dan tahan opsi matikan. 

Cara tersebut akan memunculkan beberapa opsi daya, termasuk dari Reboot ke Safe mode. Jika tidak menemukan opsi tersebut di handphone Android, maka sebagai gantinya hidupkan mode pesawat untuk memutuskan dari jaringan manapun.

Atur ulang ke pengaturan pabrik

Ilustrasi menyetel pengaturan pabrik (Pixabay.com/Pexels )
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini