TikTok atau YouTube, Manakah yang Lebih Boros Menyedot Kuota Internet?

Annisa Fadhilah
Rabu 29 Maret 2023, 12:04 WIB
Ilustrasi aplikasi hp (Sumber : Unsplash/Rami Al-zayat)

Ilustrasi aplikasi hp (Sumber : Unsplash/Rami Al-zayat)

LABVIRAL.COM - TikTok dan YouTube kini tengah bersaing menjadi aplikasi dengan basis video paling populer di dunia. Dua aplikasi tersebut menyuguhkan video dengan ciri khas masing-masing platform. Lalu TikTok atau YouTube, manakah yang lebih boros kuota internet ?

Sebab meski harga sudah terjangkau, masih banyak orang yang mengeluhkan penggunaan kuota internet yang boros dari aplikasi layanan video dan audio tersebut. TikTok dan YouTube bisa dibilang tak sedikit menyedot kuota internet.

Mesi kuota internet yang boros jadi keluhan, namun kedua aplikasi tersebut banyak penggunanya di dunia. Berdasarkan data dari Business of Apps, sebanyak 1,53 miliar pengguna aktif bulanan TikTok pada Kuartal III tahun 2022. Sedangkan, pada periode yang sama untuk YouTube memiliki pengguna aktif bulanan sebanyak 2,67 miliar.

Agar kamu bisa membandingkan lebih detail, berikut pejelasan manakah yang lebih boros kuota internet TikTok atau YouTube dihimpun dari berbagai sumber:

TikTok

Aplikasi TikTok (businessinsider.com)

Aplikasi yang dikembangkan di Negeri Tirai Bambu ini menjadi salah satu media sosial yang bisa dibilang boros dalam hal penggunaan kuota internet. Kamu dalam satu jam menggunakan TikTok bisa menghabiskan rata-rata 840 megabyte (MB).

Selain itu, dalam hal penggunaan, rata-rata orang bisa menghabiskan waktu 1,5 jam per hari. Jumlah penggunaan rata-rata aplikasi tersebut menjadi paling lama jika dibanding aplikasi lainnya.

Baca Juga: 5 Aplikasi Penghemat Kuota Internet di Android dan iPhone

YouTube

YouTube Premium (freepik.com)

Salah satu aplikasi yang cukup populer dalam hal layanan streaming video adalah YouTube. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini rata-rata per jam menyedot kuota internet sebanyak 300 MB.

Selain itu, jumlah kuota internet yang tersedot oleh aplikasi ini juga bergantung pada kualitas pemutaran video oleh pengguna. Berdasarkan beberapa sumber, didapatkan data penggunaan kuota internet per jam sesuai kualitas video sebagai berikut:

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini