Mesin Khas Harley Davidson Konfigurasi V-Twin Dijiplak Motor China

Ananta
Rabu 29 Maret 2023, 20:03 WIB
Ilustrasi mesin Shineray yang mirip dengan mesin H-D Evolution (Sumber : ridepart.com)

Ilustrasi mesin Shineray yang mirip dengan mesin H-D Evolution (Sumber : ridepart.com)

LABVIRAL.COM - Pabrikan sepeda motor asal China memang terkenal dengan produk-produk motornya karena tak jarang mereka menduplikasi tampilan dari motor merek pabrikan lain.

Tapi, pabrikan yang satu ini sedikit berbeda, Shineray, merilis motor baru yang mesinnya mirip dengan Harley-Davidson Evolution.

Mesin V-Twin 45 derajat merupakan trademark H-D. Desain H-D Evolution V-twin sudah dipakai di H-D Sportster sejak tahun 1986 dan akhirnya ikut berevolusi karena H-D mengeluarkan Sportster S 2021.

Baca Juga: Honda CS1 Dulu Jarang yang Suka Kini Bisa Jadi Salah Satu Motor untuk Koleksi

Dikutip dari rideapart.com, mesin Shineray ini terlihat kemiripannya dengan mesin H-D dari konfigurasi mesin v-twin 45 derajatnya. Selain itu, sirip-sirip pendingin pada blok mesin hingga ke penutup rocker arm, serta posisi filter olinya juga mirip dengan mesin H-D.

Mesin Shineray ini memiliki kapasitas mesin 1.200 cc dengan empat camshaft. Masing-masing camshaftnya akan menggerakan satu katup yang dikontrol dengan pushrod yang posisinya di sebelah kanan.

Mesin V-Twin Shineray 1.200cc V-twin dengan rasio kompresi 9,1:1 menghasilkan 60 tk dan torsi 66,4 lb-ft. Sedangkan Evo 1.200cc Forty-Eight dengan rasio rasio kompresi 10:1 menghasilkan 67 tk dan torsi 73 lb-ft.

Sayangnya, Shineray belum membeberkan mesin ini akan dipasangkan pada motor apa dan dikabarkan mesin ini tidak akan masuk Eropa karena terhalang oleh uji emisi di Eropa yang suda Euro 5.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini