Bikin Motor Bebek Tarikannya Enteng, Caranya Gampang Cukup Ganti Bagian Ini

Yowan R
Kamis 30 Maret 2023, 14:47 WIB
Ilustrasi motor bebek Yamaha 125Z (Sumber : federloil.co.id)

Ilustrasi motor bebek Yamaha 125Z (Sumber : federloil.co.id)

LABVIRAL.COM - Akselerasi motor bebek ternyata bisa dibikin jadi lebih enteng loh, bahkan caranya bisa dikatakan gampang.

Kamu cukup mengubah ukuran dari salah satu komponen yang terdapat pada sepeda motor yang berguna untuk meneruskan daya dari mesin ke roda belakang.

Mengubah tarikan motor menjadi lebih enteng ini sangat bermanfaat, apalagi jika motor sering digunakan di jalur stop and go layaknya di jalur kota.

Baca Juga: Oli untuk Motor Bebekmu, Cek Rekomendasinya!

Cara jitu untuk meningkatkan tarikan motor menjadi lebih enteng adalah mengganti ukuran gear depan. Agar tarikan awal motor lebih enteng saat akselerasi kamu bisa mengganti ukuran gear depan motor dengan ukuran yang lebih kecil.

Saat rasio gear depan lebih kecil dari gear bagian belakang, maka akselerasi motor akan menjadi lebih enteng. Untuk menghitung rasio saat mengganti gear depan lebih kecil ini serupa dengan mengganti gear belakang dengan ukuran yang lebih besar.

Baca Juga: Ganti Gear Set Motor Sesuai Kebutuhan, Pastikan tidak Terlalu Besar atau Terlalu Kecil

Misalkan, gear depan dikecilkan 1 mata atau 1 angka, maka gear belakang haru menyesuaikan dengan menurunkan 3 mata. Contoh pada sebuah sepeda motor dengan ukuran gear depan 15 mata dan gear belakang 39 mata.

Agar tarikannya terasa enteng, maka kamu bisa mengubah ukuran gearnya menjadi ukuran 14 untuk gear depan dan 36 untuk gear belakang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini