Tips Mudik Bagi Pemotor, Toolkit Jangan Sampai Ketinggalan

Yowan R
Kamis 30 Maret 2023, 14:52 WIB
Ilustrasi kerumunan motor saat mudik (Sumber : Instagram/imam_bhr)

Ilustrasi kerumunan motor saat mudik (Sumber : Instagram/imam_bhr)

lABVIRAL.COM - Bagi kalian yang mau mudik pake motor, sudah semestinya sejak saat ini mulai mempersiapkan segala sesuatunya dan paling penting adalah menyiapkan motor.

Persiapan yang perlu dilakukan adalah melakukan servis dan mengganti komponen-komponen motor yang sangat vital misalnya penggantian ban ataupun oli mesin, dan oli gardan khusus untuk motor matic.

Baca Juga: Ganti Oli Motor Secara Rutin Punya Banyak Keuntungan

Selain itu, pemudik juga harus menyiapkan fisik dan mental mereka. Dengan kondisi fisik yang prima membuat fokus dan emosi lebih terjaga. Obat-obatan pribadi juga tetap harus disiapkan untuk jaga-jaga.

Mudik menggunakan sepeda motor tentunya lebih berisiko dibandingkan dengan mudik menggunakan mobil. Karena itu, sediakan catatan khusus yang berisi nomor kontak keluarga yang bisa dihubungi, termasuk kelengkapan identitas seperti SIM, KTP dan STNK.

Hal penting lain yang harus disiapkan dan dibawa saat mudik menggunakan sepeda motor adalah toolkit. Toolkit wajib dibawa saat perjalanan jauh untuk berjaga-jaga jika motor mengalami trouble di jalan dan jauh dari bengkel.

Baca Juga: Baca Biar Bisa Servis Motor di Rumah dengan Mudah

Sehingga, kalian bisa memperbaiki sendiri kerusakan motor seperti rantai yang kendur atau bahkan putus dijalan. Busi yang mendadak mati ataupun settingan karburator yang kurang tepat.

Berikut ini toolkit yang harus dibawa saat mudik seperti obeng, kunci busi, tang, kunci pas ring nomor 10mm, 12mm, 17mm, dan 19mm.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini