Apa itu Body Repair Mobil? Berikut Fungsi dan Biayanya

Yusuf Tirtayasa
Kamis 30 Maret 2023, 16:41 WIB
Ilustrasi Bengkel Body Repair (Sumber : Unsplash)

Ilustrasi Bengkel Body Repair (Sumber : Unsplash)

LabViral.com -  Bodi mobil merupakan salah satu part yang kerap menjadi korban ketika terjadi kecelakaan, baik itu hanya goresan kecil maupun hingga rusak parah. Ketika sudah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, untuk mengembalikan bentuk bodi mobil ke bentuk semua bisa dengan cara body repair di bengkel tertentu.

Namun sebelum pergi ke bengkel body repair, ada baiknya mengetahui apa itu body repair, fungsi, serta pemilihan bengkel, hingga harga yang ditawarkan.

Apa itu body repair

Body repair merupakan bentuk perawatan pada body mobil akibat tabrakan atau pemakaian sehari hari yang meliputi perbaikan hingga penggantian panel. Kasus body repair terbagi menjadi yakni ringan dan berat. Kedua kasus tersebut memiliki rangkaian perawatan yang berbeda-beda.

Pada body repair ringan hingga sedang, pihak bengkel biasanya akan melakukan metode washer welder, palu on-off dolly dan shinking. Sedangkan untuk kasus body repair yang berat, seperti penyambungan atau penggantian panel, bengkel biasanya akan melakukan metode CO2 mig / mag welding.

Ada 3 tahapan utama yang dilakukan saat berada di bengkel body repair, yaitu:

1. Identifikasi

Pada tahan awal ini, bengkel akan memeriksa semua panel yang mengalami kerusakan untuk mengetahui tingkatan kerusakan.

2. Tindakan

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini