Ikuti 5 Kebiasaan Digital Sehat ini Biar Data Pribadi Aman

Annisa Fadhilah
Kamis 30 Maret 2023, 19:51 WIB
Ilustrasi hp (Sumber : Instagram/freestocks)

Ilustrasi hp (Sumber : Instagram/freestocks)

LABVIRAL.COM - Awal Januari 2023 adalah waktu yang tepat untuk mulai menerapkan kebiasaan digital yang sehat. Anda masih punya waktu untuk berkomitmen pada diri sendiri dan mencoba mengikutinya selama setahun kedepan.

Pakar Kaspersky telah menyiapkan daftar kebiasaan digital sehat sederhana yang dapat memperkuat keamanan data pribadi Anda, bahkan membuat hidup lebih nyaman di tahun mendatang:

Tahun Baru, kata sandi baru!

Mulailah Tahun Baru dengan merevisi kata sandi yang tepat. Sekarang saatnya untuk memeriksa dan mengubah kata sandi di semua akun. Ingat aturan utamanya, jangan menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun!

Jika Anda seperti banyak orang dan memiliki beberapa akun online, solusi pengelola kata sandi yang andal akan sangat membantu. Pengelola kata sandi modern memiliki fitur yang sangat menyederhanakan hidup dengan kata sandi. 

Misalnya, Anda dapat menggunakan fitur isi otomatis untuk berbagai browser dan platform. Opsi praktis lainnya adalah pembuat kata sandi otomatis. Hasilnya, pengelola kata sandi akan membantu Anda menghasilkan kata sandi yang unik dan rumit untuk setiap akun - dan Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi utama.

Berlangganan notifikasi tentang kebocoran data akun

Selain kebocoran data kata sandi yang lemah, ada ancaman lain bagi akun pribadi dan perusahaan. Sayangnya, pelanggaran data cukup sering terjadi, dan sulit untuk melacak semuanya. Jika detail akun Anda bocor, penyerang dapat menggunakannya untuk mengambil alih akun. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Pencuri Data versi Polisi Siber, Hindari Sekarang Juga

Namun di tahun baru ini, Anda dapat mengatasinya dengan berlangganan layanan yang memiliki kemampuan untuk memindai kebocoran data terkini dan apakah pelanggaran tersebut berisi data pribadi Anda. Pengelola kata sandi tingkat lanjut juga menyertakan fitur ini dan dengan cepat memberi tahu pengguna jika ada login atau kata sandi ditemukan dalam kebocoran data terbaru. 

Butuh lebih banyak privasi, dapatkan VPN! 

Pernah menjadi produk khusus untuk pengguna rumahan dan bisnis kuno, VPN sekarang harus dimiliki oleh siapa saja yang ingin tetap aman dan terlindungi privasinya saat online. Solusi VPN modern memenuhi semua kebutuhan pengguna, misalnya, mudah digunakan, memberikan kecepatan lalu lintas yang tinggi, dan menjaga kerahasiaan data pribadi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini