Terkena  Abu Vulkanik, Begini Tips Bersihkan Kendaraan yang Terdampak

Ananta
Kamis 30 Maret 2023, 22:10 WIB
Ilustrasi mobil yang terdampak abu vulkanik letusan gunung berapi (Sumber : Toyota Astra Motor)

Ilustrasi mobil yang terdampak abu vulkanik letusan gunung berapi (Sumber : Toyota Astra Motor)

LABVIRAL.COM - Indonesia cukup sering dilanda bencana berupa letusan gunung berapi yang menyebabkan dampak abu vulkanik.

Banyak hal yang terdampak dari bencana letusan gunung berapi, salah satunya adalah kendaraan yang berada disekitar wilayah terdampak dari letusan.

Hal tersebut lantaran abu vulkanik dari letusan gunung akan menyebar mengikuti arah angin sehingga menyebabkan kendaraan baik roda dua dan empat diselimuti debu.

Baca Juga: Jiaah, Pantas Aja Aki Kendaraanmu Tekor Melulu!

Perlu diketahui, kandungan abu vulkanik memiliki pasir kuarsa yang sangat tinggi, sehingga menyimpan bahaya besar baik untuk manusia maupun kendaraan.

Jika abu vulkanik menyelimuti kendaraan maka ada langkah khusus untuk membersihkan secara ekstra dan hati-hati agari tidak merusak lapisan cat mobil.

Lalu, bagaimana cara membersihkan kendaraan tersebut? Dirangkum LabViral.com, berikut ini langkah-langkah membersihkan kendaraan terkena abu vulkanik.

  1. Bersihkan di ruangan tertutup

Langkah pertama adalah usahakan untuk membersihkan kendaraan yang terdampak di ruangan yang tertutup. Hal tersebut bertujuan agar debu vulkanik tidak kembali menempel pada kendaraan.

  1. Mencuci hingga besih

Untuk langkah selanjutnya adalah mencuci hingga bersih, hal ini bertujuan agar kendaraan terhindar dari potensi bahaya abu vulkanik yang dapat merusak lapisan permukaan kendaraan, baik itu mesin dan kaca.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini