Kelebihan dan Kekurangan Modifikasi Motor dengan Swap Engine

Ananta
Kamis 30 Maret 2023, 22:44 WIB
Ilustrasi motor dengan modifikasi swap engine (Sumber : revivalcycles.com)

Ilustrasi motor dengan modifikasi swap engine (Sumber : revivalcycles.com)

LABVIRAL.COM - Istilah Swap Engine mungkin sudah terdengar familiar di kalangan para bikers Indonesia. Swap Engine ini umumnya dilakukan para pemilik sepeda motor yang meninggalkan motornya memiliki tampilan dan performa yang berbeda.

Bagi yang belum tahu, swap engine ini adalah proses penggantian atau pencangkokan mesin motor ke motor lainnya. Swap engine ini sering kali dilakukan dengan mengganti mesin yang kapasitas silindernya lebih besar.

Meskipun harus mengambil risiko besar, tapi banyak pemilik motor yang memilih melakukan swap engine pada motor mereka dengan berbagai alasan seperti:

Baca Juga: Nggak Ribet Bore Up dan Stroke Up, Swap Engine Bisa Bikin Motormu Lebih Kenceng

- Meningkatkan performa mesin motor, swap engine ini dinilai mampu meningkatkan performa motor. karena mesin standar bawaan pabrikan dirasa masih belum sesuai dengan selera atau kebutuhan pemiliknya.

- Kesulitan mendapatkan performa mesin juga menjadi alasan pemilik motor melakukan swap engine. Hal ini biasanya dilakukan oleh mereka yang gemar melakukan restorasi motor tua.

Meskipun mampu meningkatkan performa motor secara instan, modifikasi dengan cara swap engine ini tentunya memiliki berbagai kelebihan dan kekurangannya. Karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan modifikasi dengan swap engine ini perlu dipikirkan secara matang-matang.

Melakukan swap engine pada motor, otomatis nomor mesinnya akan berubah identitas dan tidak lagi sesuai dengan surat-surat motornya.

Untuk lebih jelasnya lagi, simak kelebihan dan kekurangan dari modifikasi swap engine:

Kelebihan swap engine

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini