Pemula Wajib Tahu, Begini Cara Mengendari Motor Off-Road yang Benar

Ananta
Kamis 30 Maret 2023, 22:52 WIB
Ilustrasi mengendarai motor off-road (Sumber : federaloil.co.id)

Ilustrasi mengendarai motor off-road (Sumber : federaloil.co.id)

LABVIRAL.COM - Sebagai salah satu alat transportasi yang paling dubutuhkan sebagian besar masyarakat Indonesia untuk kegiatan sehari-hari, sepeda motor dipilih karena terbilang praktis dan hemat biaya operasional.

Di Indonesia sendiri, sepeda motor yang beredar sudah memiliki begitu banyak tipe dan jenis, dengan salah satu tipe yaitu off-road atau lebih akrab disapa dengan motor trail.

Saat ini pecinta motor off-road di Indonesia sudah sangat banyak hingga terbentuk berbagai komunitas motor pecinta off-road, bahkan di kalangan para artis Indonesia motor off-road juga sangat digemari.

Sekilas motor off-road ini memang sama saja dengan motor yang menggunakan transmisi maunal lainnya. Hanya saja dari segi penggunaanya berbeda karena motor off-road ini diperuntukkan medan ekstrim, sehingga motor ini didesain khusus untuk menghadapi medan tersebut.

Baca Juga: Barang-Barang Ini Dilarang Ditaruh di Bagasi Sepeda Motor, karena Bisa Meledak

Untuk mengendari motor off-road di medan yang ekstrim ini tentunya haru memiliki kemampuan berkendara yang baik dan profesional. Untuk para pemula yang ingin menekuni dunia motor off-road ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat mengendarai motor off-road dengan lancar dan aman.

1. Jaga keseimbangan tubuh dan akselerasi

Saat berada di jalanan yang menurun dan menanjak, ada tantangan tersendiri yang harus kamu hadapi. Di jalanan menanjak, kamu harus menentukan kecepatan yang digunakan. Antara gigi 1 atau gigi 2, yang terpenting tubuh kamu harus tetap fleksibel dan stabil.

Posisikan tubuh kamu menjauhi tangki. Hal itu bisa menyeimbangkan berat badan di atas motor. Walau begitu, para offroader masing-masing memiliki cara tersendiri untuk menaklukkan jalanan yang menanjak dan menurun ini

Baca Juga: Mengapa Keberadaan Saringan Udara Pada Sepeda Motor Begitu Penting

2. Hindari mengendarai motor sambil berdiri

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Apa Sih Fungsi CDI pada Sepeda Motor?

Rabu 29 Maret 2023, 09:04 WIB
Apa Sih Fungsi CDI pada Sepeda Motor?
Berita Terkini