Mengapa Keberadaan Saringan Udara Pada Sepeda Motor Begitu Penting

Andi Syafriadi
Kamis 30 Maret 2023, 15:28 WIB
Ilustrasi sepeda motor  (Sumber : federaloil.co.id)

Ilustrasi sepeda motor (Sumber : federaloil.co.id)

LABVIRAL.COM- Saringan udara pada sepeda motor sangat berperan penting dan pasti digunakan oleh hampir semua motor yang diproduksi oleh pabrikan.

Karena, peran dari filter udara adalah menyaring udara yang masuk sebelum disalurkan ke dalam ruang bakar agar tetap bersih. Filter udara ini harus selalu dicek secara rutin.

Baca Juga: Tips Melewati Jalan Rusak dan Berlubang Bagi Pengendara Motor

Udara yang mengalir menuju ruang bakar ini berfungsi sebagai campuran bahan bakar agar bisa terjadi proses pembakaran dengan sempurna. Karena, pada dasarnya pembakaran bisa terjadi karena adanya 3 unsur penting, yaitu udara, bahan bakar dan pengapian atau pemantik.

Jika salah satu dari ketiga unsur diatas tidak ada atau mengalami masalah, pembakaran di dalam mesin tidak akan terjadi. Maka dari itu, filter udara sebagai komponen yang berfungsi menyaring udara harus tetap bersih agar asupan udara yang dibutuhkan selalu terjaga, dan hasil pembakaran menjadi tetap optimal.

Baca Juga: Tips Cegah Motor Kemalingan dengan Mengunci Stang Motor ke Arah Kanan

jika filter udara mengalami masalah entah itu kotor, ataupun rusak biasanya motor akan mengalami beberapa hal seperti berikut:

1. Konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros, hal ini biasanya terjadi karena filter udara tidak mampu menyaring udara dengan bersih yang disalurkan menuju ruang bakar sebagai komponen utama pembakaran.

2. Tarikan motor menjadi berat, filter udara yang kotor juga menjadikan tarikan motor menjadi berat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini