Apa yang Terjadi Jika Hapus Program Files di Windows? Siap-siap Hadapi Kejadian Buruk

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 30 Maret 2023, 23:31 WIB
ilustrasi, windows 10 (Sumber : Freepik.com)

ilustrasi, windows 10 (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Sistem operasi Windows memiliki folder bawaan yang tidak boleh dihapus sembarangan. Folder tersebut bernama "program files".

Program files berisi aplikasi atau program yang diinstal dalam komputer. Beberapa di antara program tersebut bahkan disembunyikan dari pengguna agar tidak dihapus sembarangan. 

Pengguna sistem operasi Windows biasanya tidak berani menghapus program files karena sifatnya yang penting. Jika dihapus paksa dengan cara tertentu, ada kemungkinan sistem akan bermasalah dan aplikasi terkendalam untuk dijalankan.

Baca Juga: Cara Hapus Akun Google di HP Xiaomi Secara Permanen

Lantas bagaimana jika program file dihapus?

Akibat menghapus program files akan terjadi hal buruk pada komputer. Pasalnya, program files adalah direktori default di Windows yang digunakan untuk menyimpan file-file yang terkait dengan program yang diinstal pada komputer. 

Direktori ini biasanya terletak di C:\Program Files atau di C:\Program Files (x86) pada sistem 64-bit. File-file yang terkait dengan program yang diinstal, seperti file eksekusi, file bantuan, file pustaka, dan file lainnya disimpan di dalam direktori Program Files.

Jika kamu menghapus Program Files akan menyebabkan program yang terkait dengannya tidak dapat dijalankan dan mungkin tidak dapat diinstal kembali. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Smartphone Android yang Terinfeksi Malware

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem operasi Windows dan masalah-masalah lain. Makanya, disarankan untuk tidak menghapus Program Files kecuali kamu benar-benar yakin dengan tindakan itu.

Cara hapus program files

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini