Bro, Gini Cara Jaga Traksi Ban Motor Biar Gak Mudah Selip

Bonifasius Sedu Beribe
Jumat 31 Maret 2023, 10:17 WIB
Selain kondisi fisik, tekanan angin pada ban juga memiliki faktor penting dalam menjaga daya cengkeram ke jalan

Selain kondisi fisik, tekanan angin pada ban juga memiliki faktor penting dalam menjaga daya cengkeram ke jalan

LABVIRAL.COM, Berkendara bukan hanya sekedar bisa mengemudikannya saja. Dibutuhkan skil dan keterampilan agar dapat mengemudikan kendaraan dengan baik dan benar.

Contohnya, berkendara dengan motor. Mengendarai motor harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar, termasuk memahami cara untuk menjaga traksi atau gaya gesek maksimal antara ban dengan permukaan jalan untuk menghindari selip.

Cara mengemudi ini sangatlah penting, mengingat jika roda kehilangan traksi, ban motor bisa selip dan sulit dikendalikan. Akibatnya, kemungkinan besar bisa terjadi kecelakaan.

Jika dilihat dari penyebabnya, ada beberapa faktor yang bisa membuat ban motor kehilangan traksi. Mulai dari kondisi motor, lingkungan, sampai dengan gaya berkendara itu sendiri.

Jadi bagaimana cara untuk dapat menghindari ban motor kehilangan traksi? Berikut Labviral.com uraikan untukmu. Disimak, ya!

Baca Juga: Cara Ketahui Kapan Ban Motormu Diproduksi?

Pilih rute aman

Jika dilihat dari faktornya, salah satu faktor penyebab ban motor kehilangan traksi yaitu faktor kondisi lingkungan. Untuk itu, hal pertama yang kamu lakukan yaitu carilah jalan yang jauh lebih aman.

Pahami rute jalan yang kamu pilih. Jika memungkinkan, hindari jalanan yang bermasalah karena berpasir, berlubang, berbatu, berlumpur, dan didominasi tanah atau genangan air. Karena kondisi medan berat seperti itu berisiko membuat ban selip atau kehilangan traksi.

Baca Juga: Biang Kerok Ban Motor Tubeless Sering Kempes

Periksa tekanan angin ban

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini