Nggak Usah Panik Saat Soket Charger di Motor Mati, Penyebabnya Cuma Ini!

Yowan R
Jumat 31 Maret 2023, 10:43 WIB
Ilustrasi soket charger pada sepeda motor (Sumber : astra-honda.com)

Ilustrasi soket charger pada sepeda motor (Sumber : astra-honda.com)

LABVIRAL.COM - Kebanyakan motor-motor keluaran terbaru saat ini, sudah dilengkapi dengan soket charger dari pabrikan.

Umumnya soket charger ini ditempatkan di dalam bagasi motor ataupun pada dek depan motor, seperti pada motor matic.

Seiring dengan pemakaiannya, soket charger pada motor tentu saja bisa mengalami kerusakan. Tapi tenang, nggak perlu panik dan buru-buru bawa motor ke bengkel.

Sering sekali terjadi, soket charger pada motor mati hanya karena sekringnya putus. Periksa terlebih dahulu box sekringnya, pada motor yang sudah menggunakan soket charger tambahan biasanya terdapat sekring khusus untuk soket chargernya.

Sekring soket charger ini bisa putus akibat terjadi korsleting listrik seperti kemasukan air saat motor dicuci dan tidak segera dikeringkan.

Baca Juga: Komponen yang Gak Boleh Kena Air Saat Cuci Motor, Wajib Tahu!

Jika terbukti sekring soket chargernya putus, kamu bisa segera menggantinya dengan sekring yang baru agar soket charger bisa berfungsi kembali.

Pastikan kamu menggunakan sekring yang spesifikasinya sama dengan sekring sebelumnya, misalkan sebelumnya menggunakan sekring 5 Ampere, untuk penggantiannya usahakan juga menggunakan sekring 5 Ampere.

Tapi, jika sekringnya normal tidak putus bisa jadi penyebab soket chargernya mati karena ada sambungan kabel yang tidak terpasang sempurna ataupun kabelnya putus karena korsleting listrik.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini