Jangan Sampai Salah! Begini Cara Merawat Rem Jenis Cakram Pada Sepeda Motor

Yowan R
Jumat 31 Maret 2023, 10:54 WIB
Ilustrasi perawatan rem cakram sepeda motor (Sumber : wahanahonda.com)

Ilustrasi perawatan rem cakram sepeda motor (Sumber : wahanahonda.com)

LABVIRAL.COM - Sepeda motor tentu saja membutuhkan perawatan. Meskipun sedikit sulit perawatan sepeda motor tetap harus dilakukan. Motor yang jarang dirawat sudah pasti akan cepat rusak dan nantinya malah harus mengeluarkan uang yang lebih banyak.

Salah satu komponen penting sepeda motor yang harus dirawat adalah rem. Kali ini Labviral.com akan memberikan tips perawatan pada sistem rem cakram pada sepeda motor.

Baca Juga: Cara Merawat Rem Cakram Motor di Musim Hujan, Antisipasi Jalan Licin

Sebelum membahas tipsnya, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu fungsi dari rem motor. Rem motor ini berfungsi untuk mengontrol laju motor, memperlambat dan menghentikan laju sepeda motor.

Jika remnya berkendala tentu saja akan membahayakan keselamatan berkendara bagi pengendara. Karena itu, rem motor harus selalu dirawat agar rem bekerja secara optimal.

Berikut ini tips merawat rem cakram pada sepeda motor:

1. Pemeriksaan secara berkala pada minyak rem

Pemeriksaan ini sangat berguna untuk mengetahui kondisi minyak rem agar kinerja rem cakram tetap optimal. Selain pemeriksaan, minyak rem juga tentunya perlu diganti setiap dua tahun sekali atau saat motor sudah menempuh jarak 24.000 km.

Baca Juga: Atasi Angin Palsu Rem Cakram dengan Cara Ini!

Minyak rem yang kualitasnya sudah menurun akan berwarna gelap, jika sudah begini minyak rem wajib diganti dengan yang baru.

2. Periksa kondisi kaliper

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini