Bikin Motor Jadi Lebih Irit, Begini Cara Atur Bukaan Gas Saat Mengendarai Motor

Yowan R
Senin 03 April 2023, 09:55 WIB
Ilustrasi mengendarai sepeda motor (Sumber : instagram.com/vespatangerang.id)

Ilustrasi mengendarai sepeda motor (Sumber : instagram.com/vespatangerang.id)

LABVIRAL.COM - Mengendarai sepeda motor tentu saja wajib memiliki teknik berkendara, apalagi jika berkendara di jalan raya. Sebelum memutuskan untuk mengendarai sepeda motor di jalan raya, pastikan agar kamu mengetahui dasar-dasar dari mengontrol gas.

Teknik dasar mengontrol gas adalah membuka gas dengan perlahan. Jadi, tenaga yang dikeluarkan mesin tidak liar dan mudah untuk dikendalikan. Tapi, untuk menutup putaran gas motor justru haru sebaliknya, yaitu menutup bukaan gas dengan cepat.

Begini trik ampuh untuk ko

Baca Juga: Benarkah Ganti Gas Spontan Bikin Motor Tambah Kenceng?

ntrol gas motor.

1. Atur bukaan gas tangan

Trik pertama yang bisa dilakukan adalah mengatur bukaan gas melalui handle gas. Kamu bisa mencobanya dengan memutar handle gas secara perlahan, dan mempelajari besarnya bukaan gas yang kira-kira cukup untuk membuat motor melaju.

2. Jangan melakukan pengereman saat bukaan gas terlalu besar

Cara lainnya adalah tidak melakukan pengereman saat bukaan gas motor terlalu besar. Karena, putaran gas yang terlalu besar, tentu saja konsumsi bahan bakarnya akan semakin besar. Nah, jika dalam kondisi ini motor di rem, tentu saja konsumsi bahan bakarnya menjadi sia-sia.

Baca Juga: Bikers Wajib Tahu, Begini Tips Ampuh Supaya Motor Matic Tetap Irit BBM!

3. Kendarai sepeda motor dengan kecepatan yang konstan

Saat mengendarai sepeda motor, usahakan kecepatan motor melaju dengan konstan dan tidak melebihi batas melaju di jalan raya. Dengan laju motor yang konstan, kamu bisa menghemat konsumsi bahan bakar motor. Selain itu, kamu juga bisa terhindar dari risiko kecelakaan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini