Bikers Wajib Tahu, Begini Tips Ampuh Supaya Motor Matic Tetap Irit BBM!

Yowan R
Kamis 23 Maret 2023, 05:50 WIB
Indikasi BBM sudah habis terlihat dari jarum dengan huruf 'E' (Sumber : Shutterstock)

Indikasi BBM sudah habis terlihat dari jarum dengan huruf 'E' (Sumber : Shutterstock)

LABVIRAL.COM - Bagi masyarakat yang kegiatan sehari-harinya diharuskan mengendarai sepeda motor, seperti para ojek online, kurir, ataupun pedagang keliling. Naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tentu terasa sangat terbebani.

Mau tidak mau, mereka harus menghemat konsumsi BBM motor mereka demi tidak mengeluarkan biaya terlalu besar untuk membeli BBM.

Karena hal tersebut, Rodanesia.com akan memberikan sedikit tips bagi para pengendara sepeda motor, khususnya jenis matic agar konsumsi BBMnya menjadi irit.

Baca Juga: Biar Aki Motor Matic Nggak Makin Soak, Kenali Gejalanya Terlebih Dahulu

1. Perhatikan gaya berkendara

Gaya berkendara juga bisa menjadi salah satu faktor yang bisa menjadikan konsumsi BBM semakin irit. Semakin agresif gaya berkendara dengan bukaan gas dan pengoperasian rem yang tidak teratur akan membuat bensin motor menjadi sangat boros.

Karena itu perlu cara berkendara yang smooth atau halus dalam hal pengoperasian motor agar konsumsi BBM tidak terlalu boros.

2. Perhatikan barang bawaan

Selain karena gaya berkendara, faktor lain yang menyebabkan konsumsi BBM menjadi boros adalah barang bawaan yang terlalu berat.

Barang bawaan yang terlalu berat membuat kinerja mesin menjadi berat sehingga mengakibatkan konsumsi BBM yang meningkat.

Baca Juga: Agar Tetap Aman dan Nyaman, Begini Tips Modifikasi Motor Matic yang Benar

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini