Bisa Putus Dijalan, Segini Batas Normal Pemakaian V-Belt Motor Matic!

Yowan R
Selasa 21 Maret 2023, 14:56 WIB
Ilustrasi v-belt motor matic yang rusak (Sumber : youtube/rumput teki)

Ilustrasi v-belt motor matic yang rusak (Sumber : youtube/rumput teki)

LABVIRAL.COM - Banyak pemilik sepeda motor matic yang belum tahu batas pemakaian v-belt motor matic yang mengakibatkan v-belt motor matic putus dijalan.

Karena itu, perlu pengetahuan tentang berapa jarak maksimal yang bisa ditempuh oleh v-belt motor matic sehingga tidak mengalami kejadian yang tidak diinginkan sewaktu berkendara.

Selain pengetahuan tentang batas maksimal v-belt, hal lain yang wajib dilakukan oleh pemilik sepeda motor matic adalah perawatan atau servis CVT.

Baca Juga: Bagus Nggak Sih Pasang Per CVT yang Lebih Panjang untuk Motor Matic Harian?

Perawatan atau servis CVT ini penting dilakukan untuk menjaga performa motor matic dan mengetahui kondisi dari v-belt dan komponen CVT lainnya.

Untuk batas maksimal v-belt motor matic ini biasanya tergantung dari jenis bahan pembuatannya. v-belt umumnya dibuat dengan 3 jenis bahan yaitu, Chloroprene Rubber (CR) yang umum digunakan pada v-belt standar bawaan motor, Ethylene Propylene Diene Rubber (EPDM), dan Kevlar.

Untuk v-belt standar bawaan motor yang terbuat dari bahan Chloroprene Rubber (CR) memiliki batas pemakaian 20 ribu km. Sedangkan v-belt yang terbuat dari bahan Ethylene Propylene Diene Rubber (EPDM) memiliki batas pemakaian 5 hingga 10 ribu km lebih panjang.

Baca Juga: Ini Nih Penyebab CVT Motor Matic Gredek Saat Di Gas!

Dari ketiga bahan diatas, v-belt yang memiliki ketahanan atau batas pemakaian paling tinggi adalah v-belt dari bahan Kevlar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini