Biar Aki Motor Matic Nggak Makin Soak, Kenali Gejalanya Terlebih Dahulu

Yowan R
Senin 13 Maret 2023, 09:27 WIB
Ilustrasi aki kering yang bisa digunakan pada sepeda motor matic (Sumber : yuasabattery.co.id)

Ilustrasi aki kering yang bisa digunakan pada sepeda motor matic (Sumber : yuasabattery.co.id)

LABVIRAL.COM - Sepeda motor matic yang sudah menggunakan sistem injeksi, peran aki menjadi sangat penting. Pasalnya, seluruh komponen injeksi wajib menggunakan arus listrik DC yang berasal dari Aki.

Dimulai dari komponen distribusi bahan bakar, ECU, sensor-sensor, bahkan hingga pengapian dan lampu, semuanya membutuhkan arus listrik dari aki.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Pelindung Anti Panas dan Debu untuk Motormu

Tegangan aki yang mulai menurun, tidak menutup kemungkinan sepeda motor matic akan menjadi sulit untuk dihidupkan. Tegangan yang mulai menurun ini bisa menjadi tanda-tanda aki soak.

Supaya aki tidak semakin parah, kamu wajib mengenali gejala aki soak.

Untuk mendeteksi gejala aki yang mulai soak, kamu bisa melihat tanda-tandanya. Pada sepeda motor matic dari Honda, tanda-tanda tersebut bisa kamu lihat pada speedometernya.

Baca Juga: 5 Cara Praktis Motor Matic Hadapi Genangan Air Saat Musim Hujan

Karena, saat ini Honda sudah menerapkan sistem yang bisa mendeteksi tegangan aki yang sudah mulai melemah. Bahkan speedometer matic Honda saat ini ada yang sudah dilengkapi dengan voltmeter.

Apabila tegangan aki lemah atau di bawah 12 Volt sebelum mesin dihidupkan, pada speedometer motor matic Honda biasanya akan muncul kedipan pada logo aki.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini