Nggak Perlu Ribet, Begini Cara Screenshot di Laptop dengan Cepat

Yowan R
Kamis 06 April 2023, 05:00 WIB
Ilustrasi tombol PrtSc untuk screenshot di laptop (Sumber : tokopedia.com)

Ilustrasi tombol PrtSc untuk screenshot di laptop (Sumber : tokopedia.com)

LABVIRAL.COM - Bagi kamu yang sudah sering dan lama menggunakan Laptop pasti aktivitas screenshot atau tangkap layar, bukan lagi hal yang baru. Screenshot atau lebih sering dikatakan dengan SS ini dilakukan untuk berbagai keperluan mulai dari lampiran dalam laporan, hingga kebutuhan presentasi.

Hasil screenshot ini bisa juga disebarkan melalui media sosial atau aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram. Umurnya hampir semua laptop ini sudah menyediakan fitur screenshot pada sistem operasi yang digunakan. Tapi, tersedia juga aplikasi pihak ketidak baik itu gratis maupun berbayar yang menyediakan aplikasi screenshot.

Baca Juga: 5 Cara Restart Laptop dengan Keyboard Pakai Windows Anti Ribet

Meskipun melakukan screenshot menggunakan laptop atau komputer ini merupakan hal yang umum dilakukan, tapi masih ada orang yang tidak tahu bagaimana cara screenshot di laptop atau komputer. Karena itu, pada artikel kali ini, Labviral.com, akan menyebutkan beberapa cara screenshot di laptop yang mudah dan cepat dilakukan.

1. Screenshot di Laptop dengan Tombol Print Screen

Salah satu cara screenshot di laptop dengan 1 tombol yang paling mudah yaitu menggunakan tombol Print Screen (prtsc). Pertama, siapkan tampilan layar yang akan di screenshot. Kemudian, tekan tombol 'Prtsc' pada keyboard. Tombol ini umumnya terletak dibagian paling atas keyboard sebelah kanan.

Selanjutnya, buka aplikasi 'Paint' bawaan Windows dan tekan menu 'paste' atau tekan 'ctrl + v'. Kamu juga bisa melakukan ini dengan klik kanan pada mouse atau mouse pad, lalu pilih paste.

Hasil screenshot layar laptop atau komputer akan langsung terlihat di aplikasi Paint, selanjutnya, Kamu dapat menyimpan dengan memilih menu File > Save As > JPEG. Selain format JPEG, Kamu juga dapat memilih format gambar lainnya sesuai kebutuhan, misalnya PNG.

Tak hanya menggunakan Paint, Kamu juga bisa menggunakan aplikasi screenshot di laptop menggunakan aplikasi lain seperti Microsoft Word untuk melihat hasil screenshot tersebut.

Baca Juga: Dampak Menghapus Cache dan Data Aplikasi Agar Kinerja Laptop Lancar Terus

2. Menggunakan Shortcut Windows Key + Shift + S

Cara screenshot di laptop selanjutnya adalah menggunakan shortcut dengan menekan tombol Windows Key + Shift + S. Setelah shortcut ditekan, layar akan redup dan pointer  akan berubah menjadi kursor untuk menangkap tampilan gambar yang diinginkan.

Cara ini memiliki pilihan model tangkapan gambar yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Setelah kamu memilih dan mulai menarik kursor untuk menangkap gambar, maka tangkapan layar akan disalin ke clipboard yang bisa dipindahkan ke program maupun aplikasi lain. Cara ini hanya bisa digunakan pada sistem operasi Windows 10 versi terbaru.

3. Menggunakan Program Snipping Tool

Cara berikutnya adalah menggunakan bantuan program Snipping Tool yang tersedia di laptop Windows. Program ini memungkinkan melakukan screenshot di laptop sebebas dan sefleksibel mungkin.

Untuk menggunakannya, kamu bisa masuk ke aplikasi ini dengan mencarinya melalui search di taskbar dengan menuliskan kata Snipping Tool. Setelah terbuka, kamu bisa klik tombol new untuk proses screenshot dengan jenis snip default berbentuk persegi panjang yang bisa diatur sesuai format masing-masing. Setelah selesai mengambil tangkapan yang diinginkan, kamu bisa menyimpan tangkapan layar secara manual sebelum kamu keluar.

4. Menggunakan Game Bar

Selain menggunakan Snipping Tool kamu juga bisa menggunakan bantuan game bar, baik saat sedang bermain game atau tidak. Untuk mengaktifkannya cukup menekan tombol Windows + G, kemudian klik tombol screenshot pada game bar maupun menggunakan shortcut keyboard default dengan menekan Windows + Alt + PrtSc untuk bisa mengambil screenshot layar secara penuh.

Baca Juga: 10 Game PC Online Spek Rendah yang Cocok untuk PC Kentang

5. Menggunakan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara screenshot di laptop yang terakhir adalah menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk screenshot di laptop adalah LightShot. Aplikasi ini biasa digunakan untuk mendukung pekerjaan profesional atau yang membutuhkan pengeditan secara signifikan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini