Cara Menghemat Baterai Smartphone Biar Nggak Boros, Kalian Wajib Coba!

Yowan R
Kamis 06 April 2023, 10:41 WIB
Ilustrasi pengecasan smartphone (Sumber : pinterest.com/Reader's Digest)

Ilustrasi pengecasan smartphone (Sumber : pinterest.com/Reader's Digest)

LABVIRAL.COM - Pada smartphone baterai menjadi salah satu komponen terpenting yang menunjang ponsel bisa bekerja dengan baik. Tapi, bukan hal yang aneh lagi soal baterai ponsel yang cepat habis jika digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama.

Baterai yang lebih cepat habis tentunya akan sangat merepotkan terlebih bagi yang bekerja melalui handphone seperti ojek online. Hal ini tentu sangat menghambat pekerjaan mereka.

Baca Juga: Cara Atasi Smartphone Lemot, Jangan Dijual Dulu!

Nah, agar baterai smartphone tidak cepat habis tentunya ada beberapa cara yang bisa digunakan. berikut ini beberapa cara untuk menghemat baterai smartphone:

1. Kurangi kecerahan layar

Kurangi kecerahan layar smartphone ternyata berpengaruh untuk menghemat daya baterai. Selain itu, pilih wallpaper atau tema yang gelap karena dapat menghemat baterai pada layar OLED.

2. Aktifkan mode hemat daya

Saat daya baterai smartphone semakin rendah, kalian bisa mengaktifkan mode hemat daya untuk memperpanjang daya tahan baterai. Mode hemat daya akan menonaktifkan beberapa fitur yang tidak diperlukan seperti koneksi nirkabel dan sinkronisasi.

Baca Juga: Spesifikasi Samsung Galaxy A14 5G, Baterai Jumbo Harga Terjangkau

3. Matikan koneksi nirkabel yang tidak digunakan

Saat tidak digunakan, matikan koneksi nirkabel seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS. Koneksi nirkabel terus menerus dapat menguras baterai smartphone kalian.

4. Kurangi penggunaan aplikasi berat

Aplikasi yang berat seperti game atau aplikasi multimedia ternyata bisa menguras daya baterai pada smartphone dengan cepat. Karena, aplikasi tersebut mewajibkan seluruh komponen smartphone agar bekerja maksimal. Agar baterai lebih hemat, kurangi penggunaan aplikasi tersebut dan pastikan untuk keluar dari aplikasi tersebut setelah selesai menggunakannya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini