Baru Diluncurkan Kemenkominfo, Yuk Mengenal E-book ASEANpedia

Yusuf Tirtayasa
Kamis 13 April 2023, 20:20 WIB
E-book ASEANpedia (Sumber : Kemenkominfo)

E-book ASEANpedia (Sumber : Kemenkominfo)

LABVIRAL.COM - Buku elektronik atau e-book ASEANpedia telah diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Senin (10/4/2023). Penerbitan ASEANpedia ini merupakan bagian dari kegiatan Keketuaan Indonesia ASEAN 2023. 

E-book ASEANpedia merupakan living document atau dokumen hidup, sehingga isi buku, seperti artikel, infografis, maupun video, akan secara terus-menerus diperbarui sesuai dinamika pelaksanaan agenda kegiatan. 

ASEANpedia pun dapat diakses melalui https://s.id/aseanpedia, dan informasi di dalamnya akan terus di-update sesuai kebutuhan dan perkembangan informasi terkini.

Informasi yang disajikan dalam ASEANpedia terbagi dalam tiga bab besar, yaitu informasi umum ASEAN, peran Indonesia di ASEAN, dan Keketuaan Indonesia ASEAN 2023. Informasi yang tersaji pun dalam dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris.

Pada bagian pertama, ASEANPedia mengajak pembaca menengok sejarah ASEAN. Buku elektronik ini dengan gamblang dan runut mengulas awal mula terbentuknya organisasi negara-negara kawasan Asia Tenggara ini, mulai Deklarasi Bangkok, Piagam ASEAN, syarat menjadi anggota, hingga judul lagu resminya. 

Bagian pertama ASEANPedia juga membahas peran organisasi ini untuk dunia.

Baca Juga: Ikuti 5 Kebiasaan Digital Sehat ini Biar Data Pribadi Aman

Bagian kedua ASEANPedia mengupas peran internasional Indonesia. Di sini dibahas bagaimana sepak terjang Adam Malik. Ia menjadi sosok sentral sebagai pendiri ASEAN. 

Peran Indonesia dalam mendamaikan berbagai konflik yang melibatkan negara-negara anggota, seperti Vietnam-Kamboja, Thailand-Kamboja, hingga konflik Philipina dan MNLF juga dibahas di sini.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini