5 Kebiasaan yang Tak Disadari Ternyata Bikin Smartphone Rusak dan Solusi Perawatannya

Yowan R
Kamis 13 April 2023, 21:20 WIB
Ilustrasi samrtphone digunakan untuk bermain game (Sumber : pinterest.com)

Ilustrasi samrtphone digunakan untuk bermain game (Sumber : pinterest.com)

LABVIRAL.COM - Seakan sudah menjadi salah satu kebutuhan primer kini Smartphone sangat sulit dipisahkan dari kehidupan banyak orang. Bahkan dari pagi hingga malam menjelang tidur seakan tak pernah lepas dari genggaman.

Karena, dengan smartphone ini seseorang bisa melakukan begitu banyak hal, mulai dari chatting, mengambil foto, atau video, mengakses media sosial, bermain game, dan masih banyak hal lainnya.

Sayangnya banyak para pengguna smartphone yang lalai untuk merawat smartphone mereka. Padahal smartphone yang digunakan secara sembarangan berpotensi mengalami kerusakan.

Baca Juga: Cara Menghemat Baterai Smartphone Biar Nggak Boros, Kalian Wajib Coba!

Nah, penggunaan smartphone yang berpotensi mengalami kerusakan ini justru karena kebiasaan yang tidak disadari. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Menggunakan charger yang tidak sesuai

Hampir semua smartphone memiliki desain baterai dan sistem pengisian daya yang berbeda-beda. Jika pengguna smartphone tidak menggunakan perangkat pengisi daya atau charger yang tidak sesuai maka smartphon berpotensi mengalami kerusakan.

Untuk perawatannya kamu bisa beralih mengganti charger yang sesuai dengan sistem pengisian daya. Pastikan output tegangannya sesuai dengan yang direkomendasikan pabrikan.

2. Download aplikasi sembarangan

Kebiasaan yang tak disadari selanjutnya yang membuat smartphone cepat rusak adalah download aplikasi sembarangan. Aplikasi yang di download sembarang dapat membuat smartphone terserang malware yang akan mengganggu kinerja smartphone.

Baca Juga: Penting! Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Membeli Smartphone

Karena itu, pastikan untuk mendownload aplikasi untuk smartphone dari toko aplikasi resmi atau penyedia layanan aplikasi resmi seperti App Store dan Google Play Store.

3. Jarang memperbaharui sistem keamanan

Hal selanjutnya yang sering diabaikan dan menjadi penyebab kerusakan smartphone adalah jarang atau tidak memperbaharui sistem keamanan. Padahal, pabrikan selalu memberikan update atau pembaruan sistem secara rutin untuk keamanan smartphone.

Pembaruan ini bertujuan untuk melindungi pengguna dari aplikasi-aplikasi yang berisi malware dan dapat mengganggu kinerja HP. Jadi, pastikan untuk senantiasa memperbarui sistem keamanan pada smartphone.

4. Melakukan rooting

Melakukan rooting atau pembobolan sistem operasi pada smartphone yang bertujuan untuk mendapatkan akses smartphone secara penuh. Nah rooting sendiri biasanya digunakan untuk mengganti sistem operasi bawaan HP dengan sistem operasi modifikasi yang dibuat oleh pengembang pihak ketiga.

Meskipun rooting bisa memaksimalkan kemampuan smartphone karena mendapatkan akses secara penuh tapi akan membawa permasalahan sistem keamanan yang sangat serius. Karena itu, sebaiknya hindari untuk melakukan rooting pada smartphone.

Baca Juga: Cara Mengatasi Smartphone Android yang Terinfeksi Malware

5. Charge smartphone sambil bermain game

Kebiasan selanjutnya yang membuat smartphone menjadi cepat rusak adalah bermain game sambil di charge. Karena, smartphone akan bekerja secara ekstra saat digunakan untuk bermain game sehingga suhu akan naik drastis.

Nah, saat smartphone dalam kondisi demikian tapi di charge makan beberapa komponen smartphone akan berpotensi mengalami kerusakan seperti, baterai, ic power bahkan lebih parahnya bisa merusak prosesor.

Karena itu, pastikan untuk tidak bermain game sembari di charge untuk mencegah kerusakan-kerusakan seperti yang sudah dijelaskan.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini