Alibaba Siap Luncurkan Pesaing ChatGPT

Yusuf Tirtayasa
Jumat 14 April 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi belanja online (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi belanja online (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Raksasa teknologi China, Alibaba telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan produk seperti ChatGPT dengan kecerdasan buatan (AI) buatannya sendiri yang disebut Tongyi Qianwen.

Unit komputasi awan perusahaan mengatakan akan mengintegrasikan chatbot di seluruh bisnis Alibaba dalam waktu dekat, tetapi tidak memberikan rincian tentang waktunya.

Dalam beberapa bulan terakhir, perusahaan teknologi di seluruh dunia telah meluncurkan apa yang disebut chatbot AI generatif mereka sendiri.

Awal tahun ini, Alibaba mengungkapkan sedang mengerjakan saingan untuk ChatGPT.

Baca Juga: Mengenal Google Bard AI, Siap Kalahkan ChatGPT

Tongyi Qianwen secara kasar diterjemahkan sebagai "mencari jawaban dengan mengajukan seribu pertanyaan", meskipun Alibaba belum memberikan versi bahasa Inggris dari nama tersebut.

"Kami berada pada momen penentuan teknologi yang didorong oleh AI generatif dan komputasi awan," kata ketua dan kepala eksekutif Alibaba Daniel Zhang melansir bbc.com, Rabu (12/4/2023).

Perusahaan itu mengatakan Tongyi Qianwen, yang mampu bekerja dalam bahasa Inggris dan China, pada awalnya akan ditambahkan ke DingTalk, aplikasi perpesanan tempat kerja Alibaba.

Itu akan melakukan sejumlah tugas termasuk mengubah percakapan dalam rapat menjadi catatan tertulis, menulis email dan menyusun proposal bisnis.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini