Tips Mudik Anti Mabuk

Aci
Jumat 14 April 2023, 23:05 WIB
01 Ilustrasi Mudik Lebaran Ramadan Arus Balik

01 Ilustrasi Mudik Lebaran Ramadan Arus Balik

LABVIRAL.COM - Euforia mudik lebara mulai terasa. Jalan-jalan luar kota akan dipenuhi dengan kendaraan para pemudik Indonesia. Mudik Lebaran merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang sudah ada sejak lampau.

Berbagai moda transportasi akan digunakan pemudik, mulai kendaraan darat, udara sampai laut. Namun, mobil pribadi paling mendominasi sebagai kendaraan mudik setiap tahun.

Baca Juga: Cek Tarif Tol Lewat Aplikasi Waze, Pemudik Pasti Bisa, Mudah Banget

Mudik menggunakan mobil memang akan lebih efisien. Selain dapat memuat penumpang banyak, menggunakan mobil juga akan membuat perjalanan keluarga lebih terasa kebersamaannya.

Meskipun demikian, saat ini masih banyak orang yang mabuk saat melakukan perjalanan jauh dengan mobil. 

Nah, untuk kamu yang mabuk saat melakukan perjalanan jauh dengan mobil, berikut Labviral.com kasih tahu tips menghilangkan mabuk tanpa harus batal puasa. Yuk disimak ya!

Baca Juga: Harga dan Syarat Rental Mobil Avanza, Xenia, Innova untuk Mudik Lebaran 2023

1.Cari tempat ternyaman 

Hal pertama untuk menghindari mual saat melakukan perjalanan mudik, yaitu kamu harus mencari tepat yang bisa membuat kamu nyaman. 

Sebaiknya, kamu duduk di dekat jendela ya, jangan di tengah dan jangan di belakang. Di belakang guncangan akan begitu terasa hal tersebut tidak baik untuk orang yang mudah mual saat di perjalanan, sedangkan di tengah akan membuat kamu jenuh sehingga mudah mual. 

2.Jangan main HP 

Jika kamu salah satu orang yang mudah mabuk perjalanan. Sebaiknya saat sedang dalam perjalanan jangan main HP. 

Kamu perlu tahu, menatap layar HP saat dalam perjalanan dapat memicu mual. 

3.Melihat pemandangan

Jika rasa mual muncul, kamu dapat meredamnya dengan cara memperhatikan pemandangan. Ingat jangan main HP ya tetapi perhatikan pemandangan hijau, seperti sawah ataupun pepohonan di sepanjang jalan tol. 

Baca Juga: Sebelum Mudik, Cek Dulu Tarif Tol, Begini Caranya Secara Online

Kamu dapat melihat objek yang jaraknya agak jauh dari posisi kamu, cara ini dianggap cukup efektif karena membuat tubuh menjadi istirahat secara tidak langsung.

4. Mengobrol

Mengobrol juga menjadi salah satu cara untuk mecegah mual, ataupun menghilangkan mual saat sudah melanda. Cara ini juga terhitung ampuh karena pikiran menjadi teralihkan. Pikiran menjadi lebih tenang dan dapat bekerja dengan lebih santai karena obrolan yang dilakukan. 

5.Memejamkan Mata

Setelah ke empat cara di atas, cara terakhir untuk tidak merasakan mual yaitu dengan tidur. 

Baca Juga: Harga dan Syarat Rental Mobil Avanza, Xenia, Innova untuk Mudik Lebaran 2023

Jika kamu tidak mengantuk, kamu dapat memulainya dengan cara memejamkan mat, membiarkan indera penglihatan tersebut istirahat. 

Mata terpejam membuat pandangan kamu tidak terganggu oleh masalah motion sickness. Cara ini juga dapat membuat diri kamu lebih tenang karena hanya duduk dan tidak melakukan apa-apa. 

Selain itu dengan memejamkan mata, dapat muncul lebih cepat sehingga dapat tidur di perjalanan. Rasa mual yang sempat datang bisa hilang secara perlahan-lahan dengan cara ini.

Nah, itu dia beberapa cara untuk mencegah dan meredam mual yang melanda. Semoga perjalanan mudik kamu lancar dan selamat sampai tujuan. Happy mudik 2022. ***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini